Evakuasi ABK KM Bunga Lia, Empat Orang Selamat Satu Korban Meninggal Dunia

benuanta.co.id, TARAKAN – Kapal pengangkut sembako KM. Bunga Lia yang dikabarkan tenggelam pada Senin, 13 Maret 2023 sekitar 00.14 Wita kini telah berhasil dievakuasi oleh Tim Gabungan.

Diketahui, KM Bunga Lia GT 31 membawa sembako dari Sungai Nyamuk ke Tarakan dengan 5 orang Anak Buah Kapal (ABK). Kelima orang ABK tersebut mulai menyelamatkan diri masing-masing ketika menyadari kapal yang ditumpanginya mulai tenggelam.

Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal XIII Kolonel Laut (P) Yulius Azz Zaenal menguraikan dari kelima ABK tersebut kini telah ditemukan dalam kondisi 4 selamat dan 1 meninggal dunia.

Baca Juga :  Ops Patuh Kayan Dimulai, 14 Jenis Pelanggaran Disorot

“Korban yang selamat diamankan oleh Posal Bunyu. Selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga yang juga melakukan pencarian menggunakan KM Ilham Bahari 02,” urainya, Senin (13/3/2023).

Sementara untuk korban yang meninggal ditemukan di perairan Pulau Bunyu oleh KP. SPBU XXIV 2003 sekira 09.00 Wita. Setelahnya kapal langsung menuju ke dermaga Polair dan dievakuasi menuju RSUD.

“Korban yang meninggal Akbar usia 30 tahun. Sedangkan yang selamat kita evaluasi menggunakan RHIB Trimaran menuju pelabuhan SDF,” lanjutnya.

Korban KM Bunga Lia yang selamat.

Dansatrol lebih jauh mengungkapkan untuk korban selamat sendiri juga ditangani oleh Diskes Lantamal XIII guna perawatan lanjutan di RSAL.

Baca Juga :  Sering Rusak, Pemkot Bakal Lakukan Revitalisasi 2 Jembatan di Binalatung

Korban yang selamat ini dikatakannya perlu mendapatkan perawatan karena menggunakan cara masing-masing dan seadanya dalam penyelamatan diri.

“Korban atas nama Amir menyelamatkan diri menggunakan kayu papan berenang selama 3 jam ke Pantai Bunyu. Kemudian korban Ardiansyah menyelamatkan diri di bagan nelayan. Untuk korban Mundar dan Jamal juga menyelamatkan diri menggunakan pelampung dan berenang selama 3 jam ke Pantai Bunyu,” bebernya.

Untuk diketahui KM. Bunga Lia mengangkut sembako berupa Soya, Milo dan lainnya dengan perkiraan muatan 50 ton.

Dalam proses pencarian ini melibatkan unsur gabungan diantaranya KRI Pandrong 801, KRI Tongkol 814, Patkamla Satrol TNI AL, RHIB Satrol TNI AL, Speed TNI Posal Bunyu, KN Serta Basarnas dan Kapal Polairud SBU XXIV 2003.(*)

Baca Juga :  Perolehan Suara di PSU Meningkat, Gerindra Kokoh Pertahankan Posisi Ketua 

Data korban/ABK KM. bunga Lia:
1. Amir (selamat)
2. Akbar (meninggal dunia)
3. Ardiansyah (selamat)
4. Mundar (selamat)
5. Jamaludin (selamat)

Reporter: Endah Agustina
Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2563 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *