Selama Mei 2024, Curah Hujan di Tarakan Masuk Kategori Sedang

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan wilayah Tarakan tidak memiliki musim atau non zona musim.

Forecaster BMKG Tarakan, Raa’ina Farah Nur Annisa menyatakan perubahan cuaca hujan di Tarakan terjadi pada (17/5) dini hari.

Kemudian diprakirakan beberapa hari ke depan di wilayah Tarakan akan terjadi hujan dalam waktu pagi ke siang.

Baca Juga :  Bawaslu Kaltara Gandeng PTTUN Sosialisasikan Sengketa dan Pelanggaran Pilkada

“Untuk hari ini perubahan cuaca prakiraan dalam beberapa hari ke depan angin binamika atmosfer masih sama hujan lokal dalam waktu pagi ke siang,” ucap Raina.

Diketahui, normal curah hujan ini terbagi menjadi 3 kategori. Yaitu rendah (0 – 100 mm), menengah (100 – 300 mm), tinggi (300 – 500 mm), dan sangat tinggi (>500 mm). Sedangkan Tarakan berada di kategori menengah.

Baca Juga :  Terdakwa Sabu 5 Kg Dituntut Jaksa 17 Tahun Penjara

Curah hujan maksimum dasarian atau per 10 hari, tercatat 327,4 mm tertinggi pada dasarian III yang terjadi pada Mei 2024.

Meskipun wilayah Tarakan tidak memiliki musim, masyarakat diimbau perlu meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat.

“Agar lebih waspada dan menjaga kebersihan lingkungan. Jangan lupa untuk pantau informasi cuaca terupdate,” tegasnya. (*)

Baca Juga :  Seni Reog Ponorogo Margo Mulyo dan Jaranan Margo Budoyo Gelar Grebeg Suro Bulan Purnama

Reporter: Rewinda Karinata

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2643 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *