Weekand Ini Diprediksi Hujan di Pagi Hari

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan memprediksi waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang sesaat pada pagi, siang, sore, dan malam hari di wilayah Kalimantan Utara yakni, Tana Lia, Bunyu, Malinau Kota, Sesayap, Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Utara, Krayan, Krayan Selatan, Tanjung Selor, Kayan Hilir, dan sekitarnya.

Forcester BMKG Tanjung Harapan Sylvi Yulianti, menjelaskan waspada potensi hujan berlaku di wilayah Kalimantan Utara pada Sabtu (18/05/2024) dan Minggu (19/05/2024) pagi besok.

Untuk wilayah kabupaten Bulungan, kata Sylvi sapaannya, beberapa wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat hampir di semua kecamatan pada Sabtu (18/05/2024) mulai pukul 08.00 Wita hingga siang sekitar pukul 11.00 Wita.

Baca Juga :  Eks PMI Terlibat Kasus Pencurian, Begini Tanggapan Kepala BP3MI Kaltara

“Diprakirkan hujan turun pada malam hingga Minggu dini hari di sejumlah wilayah. Di antaranya di Bunyu Kecamatan Tanjung Palas Timur dan sebagian Tanjung Selor,” katanya, Jumat (17/5/2024).

Begitu pun di Kabupaten Tana Tidung, hujan lebat diprakirakan terjadi pada Sabtu pagi hingga siang sekira pukul 11.00 Wita. Di antaranya di Tanah Lia, Betayau, Muruk Rian, Sesayap, dan Sesayap Hilir.

Sementara di Kabupaten Malinau. Hujan turun dengan intensitas sedang pada Sabtu pagi hingga siang. Seperti di Kayan Selatan, Malinau Bara Malinau, Malinau Selatan, Malinau Selatan Hilir, Malinau Selatan Hulu, Malinau Utara, Mentarang, Mentarang Hulu, Pujungan, Sungai Boh, Sungai Tubu dan sekitarnya.

Baca Juga :  Bagikan Bansos ke Lansia, Ketua TP-PKK Kaltara juga Ikut Berjalan Kaki Temani Pelajar Perbatasan ke Sekolah

BMKG Tanjung Harapan menyebut, hujan juga berpotensi terjari di Tarakan, dan sebagian Nunukan pada Sabtu siang dan Minggu dini hari.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat pada pagi dan siang hari di wilayah Tarakan, Pulau Bunyu, Tana Tidung, Sekatak, dan sekitarnya,” sebutnya.

Tak hanya hujan, BMKG Tanjung Harapan juga memprakirakan gelombang laut yang cukup landai. Yaitu dengan ketinggian antara 0,1 – 0,5 meter.

Baca Juga :  Bagikan Bansos ke Lansia, Ketua TP-PKK Kaltara juga Ikut Berjalan Kaki Temani Pelajar Perbatasan ke Sekolah

Arah angin Barat Laut- Timur Laut, 4 – 15 knots. Sementara di periran bagian barat Laut Sulawesi, Arah angin Barat Laut- Timur Laut, 4 – 10 knots.

Atas kondisi ini, BMKG mengimbau masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan waspada. Utamanya yang dalam perjalanan. Waspadai juga genangan air dan potensi tanah longsor. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1909 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *