Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Pilkada Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Yansen Tipa Padan mengajak seluruh masyarakat Kaltara untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024.

Yansen mengatakan yang paling utama harus terlibat aktif dalam hal ini adalah aparat keamanan dan penyelenggara dari pada Pilkada itu sendiri, baik itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

“Semua harus bersinergi di sini, mulai dari tingkat provinsi sampai ke kabupaten/kota. Semua proses yang ada harus berjalan,” ucapnya, Sabtu (18/5/2024).

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Bawaslu Kaltara Awasi Pemutakhiran Data Pemilih 

Lanjut dia, yang tak kalah pentingnya di sini adalah bagaimana kesadaran seluruh masyarakat bahwa perhelatan pesta demokrasi ini bukan hanya sekedar kontestasi politik semata.

“Tapi yang terpenting itu bagaimana masyarakat dapat betul-betul paham bahwa Pilkada ini merupakan wadah untuk masyarakat menentukan pemimpin daerahnya 5 tahun ke depan. Jadi secara otomatis sosialisasi dari penyelenggara harus lebih luas,” sebutnya.

“Artinya, penyelenggara dalam hal ini jangan hanya sekedar menyampaikan proses pelaksanaan Pilkada, melainkan harus ada penyampaian juga terkait keamanan Pilkada, baik di internal penyelenggara, ke pemerintah maupun masyarakat umum,” sambungnya.

Baca Juga :  Ombudsman RI Sambangi Kaltara, Fokus Berikan Penilaian Layanan Publik

Pada akhirnya dari sini akan diperoleh atau akan lahir pemimpin daerah. Jika pada prosesnya saja masyarakat sudah tidak mengerti secara utuh, bisa dipastikan pola dalam menentukan pilihan di masyarakat juga pasti akan menjadi persoalan.

“Jadi yang utama itu adanya kesadaran politik dari masyarakat secara umum untuk melihat Kalimantan Utara kemudian memilih pemimpin yang tepat,” tuturnya.

Puncak dari momentum Pilkada Serentak ini akan dilaksanakan pada November 2024. Momentum pesta demokrasi ini merupakan momentum berharga bagi masyarakat, tak terkecuali di Kaltara ini untuk memilih secara langsung pemimpinnya, baik itu gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, maupun wali kota dan wakil wali kota.

Baca Juga :  Atasi Over Kapasitas di Lapas Nunukan, Gubernur Zainal Bersurat ke Dirjen Kemenkumham

“Momentum ini berarti bahwa masyarakat Kaltara juga memegang peranan penting dalam kemajuan daerah. Oleh karena itu, mari kita persiapkan Pilkada di Kaltara ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2001 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *