Dispar Kaltara Harap Promosi Pariwisata dalam Bentuk Buku

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Manfaatkan dunia literasi untuk pengembangan dan promosi pariwisata Daerah, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) gelar workshop literasi bertema pariwisata. Workshop literasi pariwisata ini merupakan Workshop perdana yang digelar oleh Dispar Kaltara.

Kepala Dispar Provinsi Kaltara, Njau Anau mengatakan workshop literasi ini digelar agar masyarakat Kaltara dapat lebih mengenal pariwisata Kaltara, sekaligus menjadikan literasi sebagai catatan sejarah dari destinasi wisata.

“Akan banyak hal yang akan kita ketahui dengan literasi ini, bahkan dengan literasi ini kita bisa menguak banyak hal seperti sejarah pariwisata itu dan lainnya,” kata Njau Anau pada Jumat, 18 Mei 2024.

Baca Juga :  Kegiatan Budaya Lokal Kaltara Berpotensi jadi Daya Tarik Wisatawan

Selain itu, Njau Anau juga mengaku sudah mengumpulkan beberapa perwakilan dari semua Dispar yang ada di kabupaten dan kota.

Para perwakilan itu nantinya akan menjadi seorang penulis artikel untuk menulis artikel terkait destinasi wisata daerah, termasuk menguak sejarah dan kelebihan -kelebihan dari destinasi wisata itu.

“Karena hal itu yang akan menjadi catatan sejarah agar destinasi wisata memiliki stori yang lekat dengan waktu. Makanya para perwakilan ini kita undang untuk dilatih oleh para mentor yang memang sudah ahli dalam menulis artikel pariwisata dan perwakilan dari pihak Gramedia Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga :  Kegiatan Budaya Lokal Kaltara Berpotensi jadi Daya Tarik Wisatawan

Melalui kegiatan workshop ini juga Njau Anau berharap karya literasi setiap peserta yang menjadi perwakilan daerah dapat dimuat dalam sebuah artikel atau sebuah buku pariwisata.

Dimana karya itu nantinya akan menjadi ajang promosi agar Wisman luar daerah dapat mengetahui seluk-beluk pariwisata Kaltara.

“Tulisan mereka mengenai pariwisata ini nantinya akan kita muat dalam bentuk artikel yang dapat dipromosikan, makanya literasi pariwisata ini harus berbentuk pengenalan yang menarik akan pariwisata,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Kegiatan Budaya Lokal Kaltara Berpotensi jadi Daya Tarik Wisatawan

“Setelah itu artikel mereka akan kita rangkum menjadi sebuah buku bertajuk Pariwisata Provinsi Kaltara, maka dari itu kita bekerja sama dengan Gramedia Indonesia untuk kegiatan ini,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1926 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *