Piala Gubernur Kaltara Diikuti 12 Tim Terbaik, Total Hadiah Rp 200 Juta

benuanta.co.id, TARAKAN – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara DR. (HC) H. Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum membuka Piala Gubernur tahun 2024 di Stadiun Datu Adil Kota Tarakan, Sabtu (11/5). Sebelumnya Piala Gubernur telah sukses dihelat di Kabupaten Bulungan.

Pembukaan turnamen ditandai dengan tendangan bola secara simbolis oleh Gubernur Zainal, dimulai dengan pertandingan Bone FC menumbangkan Juata Pos dengan skor 5-0.

Kemudian dilanjutkan pertandingan persahabatan kesebelasan Pemprov Kaltara yang dipimpin oleh Gubernur Zainal melawan Pemkot Tarakan yang dipimpin Penjabat (Pj ) Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, SE., M.Si.

Laga persahabatan di babak ke 2 Gubernur membobol gawang Pemkot Tarakan melalui tendangan penalti. Sehingga mengubah skor menjadi 3-2. Namun menjelang akhir laga persahabatan itu Pemkot Tarakan berhasil membalikkan keadaan sehingga mengalahkan Pemprov Kaltara skor 3-4.

“Alhamdulillah telah terlaksana suatu kegiatan open turnamen sepak bola piala gubernur yang diikuti 12 team yang kuat,” ujar Zainal.

Baca Juga :  Lembaga Yudikatif Dituntut Netral dalam Pelaksanaan Pilkada 2024

Ia juga menekankan para pemain agar memperlihatkan permainan yang baik atau fair play, mempercayai wasit dengan tidak melakukan kekerasan seperti mengejar dan memukul wasit.

Hal ini dilakukan untuk menunjukan kepedulian terhadap pemerintah. Kecintaan kepada olahraga sepak bola, menyuguhkan pada para penonton dengan bermain teknik pemain sepak bola yang baik.

Total hadiah Rp 200 juta. Sebagian uang pembinaan yang nantinya digunakan untuk club pemenang. Gubernur pun berharap piala gubernur bisa digelar di KTT.

“Harapan saya turnamen ini betul-betul di manfaatkan, untuk pecinta sepak bola untuk club memperlihatkan mentalitas dan mampu memperlihat kan teknik-tekni bola yang baik,” pungkasnya.

Turnamen yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara tersebut berlangsung pada 11 Mei 2024 hingga 19 Mei 2024 mendatang.

Kepala Dispora (Kadispora) Kaltara, Obed Daniel mengatakan terdapat 12 club sepak bola yang akan berlaga memperebutkan hadiah jutaan dari turnamen ini.

Baca Juga :  Jelang PPDB, Ombudsman RI Kaltara Antisipasi Pemalsuan KK

“Ada 12 tim dan total hadia 12 juta yang akan dipertandingkan. Peserta tim tim atau club yang ada di Kaltara. Awalnya kita ada juga mengundang club kabupaten dan kota tapi karena mungkin terkendala jarak dan biaya jadi mereka tidak bisa hadir,” ujarnya.

Ia pun membeberkan untuk sistem pertandingan dilakukan dengan sistem setengah kompetensi dimana semua tim akan bertemu.

Pihaknya pun mengestimasikan final pertandingan tersebut akan berlangsung pada tanggal 19 Mei 2024 mendatang.

Terkait hal tersebut ia berharap para peserta dapat bertanding dengan menjunjung sportifitas dan tetap semangat dalam menyelesaikan pertandingan.

“Harapan kita mengadakan turnamen ini selain memberikan kesempatan kepada club atau tim yang ada di Kaltara ini juga ajang silahturahmi. Sasaran utama kita bagaimana menggelorakan dan menggairahkan olahraga di masyarakat,”

Baca Juga :  Ombudsman Ingatkan Pelayanan Umum Harus Memberikan Rasa Aman

Dikatakan Obed, untuk lebih menggelorakan sepakbola Gubernur Kaltara, Dr HC Zainal Arifin Paliwang pun memberikan bantuan berupa bola kepada tim-tim yang bertanding. Selain itu, hal ini bertujuan agar menjadi stimulan bagi tim sepakbola di seluruh Kaltara bisa bermain di turnamen sepak bola Gubernur Cup selanjutnya.

“Kita ucapkan terima kasih ya buat teman temannya yang membantu terselenggaranya acara ini. Turnamen sepakbola Gubernur Cup sudah berjalan dengan baik dibuka oleh bapak gubernur dan di hari Pertama juga sudah mempertandingkan satu partai,” pungkasnya.(*)

Reporter: Rewinda/Sunny Celine

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2828 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *