Tes Swab Antigen, Cara KKP Tarakan Perketat Skrining Kedatangan Penumpang

benuanta.co.id, TARAKAN – Kabar ditemukannya RT-PCR penumpang yang positif Covid-19 tiba di Bandara Juwata Tarakan, menjadi atensi serius dari Satuan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Utara.

Awalnya, Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto yang lebih dahulu menemukan adanya penumpang positif Covid-19 dari Surabaya yang lolos tiba di Tarakan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2128 votes

Hal itu ditemukannya saat Kodim 0907/Tarakan melakukan tes Swab Antigen secara random di pintu masuk Bandara Internasional Juwata Tarakan.

Baca Juga :  Cuaca Panas Terik di Kaltara, Ini Penjelasan BMKG

Kepada benuanta.co.id, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy akui pihaknya memiliki keterbatasan untuk mengetahui kondisi penumpang dari luar Kaltara, sebab hal tersebut hanya diketahui oleh pihak berwenang dari daerah asal.

“Satgas Kaltara sebagai tempat tujuan tentunya tidak bisa memantau para penumpang yang akan berangkat dari daerah lain, juga tidak dapat menutup untuk tidak didatangi karena aturan itu tidak ada,” ungkapnya pada Senin, 19 Juli 2021.

Kata Agust, tes usap acak yang dilakukan oleh Kodim 0907/Tarakan bakal menjadi bahan pertimbangan bagi Satgas Penanganan Covid-19 Kaltara untuk menentukan langkah ke depan.

Baca Juga :  Hari Terakhir Penjaringan PAN, Baru 2 Tokoh yang Mendaftar jadi Calon Wakil Wali Kota  

Selain itu juga dapat memberi masukan ke daerah tempat asal penumpang tersebut agar lebih meningkatkan ketelitian dalam verifikasi dokumen hasil PCR.

Ia telah berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II A Tarakan agar mengetatkan screening bagi penumpang yang tiba di Kota Tarakan.

“Kalau mmg ada bukti otentiknya (Penumpang dengan RT-PCR positif Covid-19) bisa dikomplain melalui KKP,” tuturnya.

Informasi yang ia peroleh dari KKP Kelas II A Tarakan, mulai hari ini verifikasi PCR khususnya yg masuk tarakan tetap akan didampingi tes antigen. Ini mmg merupakan cara kita utk menapis lagi penumpang yang datang melalui skrining dengan antigen.

Baca Juga :  Selasa Besok PDAM Lakukan Pemeliharaan Berkala, Ini Wilayah Terdampak

Saat dikonfirmasi oleh wartawan Benuanta.co.id, Kepala KKP Kelas II Tarakan Ahmad Hidayat menyanggupi hal tersebut dan berjibaku mengetatkan screening di pintu masuk, meski penumpang asal luar daerah telah memiliki RT-PCR negatif.

“Pelaksanaan tes Swab Antigen untuk penumpang dari luar daerah di Bandara Juwata Tarakan, sudah beberapa hari yang lalu,” tandas Ahmad.(*)

Reporter: Kristianto Triwibowo
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *