Peringati Hari Otonomi Daerah, Pj Wali Kota Sampaikan Pesan Mendagri

benuanta.co.id, TARAKAN – Peringati Hari Otonomi Daerah yang digelar pada Kamis, 25 April 2024 Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan menyampaikan pesan-pesan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Peringatan Hari Otonomi Daerah dilaksanakan dengan upacara yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan menyampaikan pesan yang diberikan oleh Mendagri dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah. Ia mengungkapkan dari hasil evaluasi beberapa daerah yang berhasil menjalankan instruksi yang ditekankan oleh Mendagri terkait dengan kewenangan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga tentang indikator makro keberhasilan pembangunan.

“Di situ ada target pertumbuhan ekonomi daerah mulai dari awal otonomi daerah sampai saat ini. Kemudian yang ditekankan beliau terkait indeks pembangunan manusia. Kemudian tadi mengenai stanting dan penurunan kemiskinan ekstrim yang juga disampaikan terkait dengan inflasi daerah,” ujarnya.

Baca Juga :  Bulog Tarakan Pastikan Stok Beras Aman untuk Kebutuhan Iduladha

Terkait hal tersebut, ia mengungkapkan setiap daerah untuk melaksanakan pengendalian inflasi daerah yang mana setiap minggu pada hari Senin langsung dilaporkan kepada Kemendagri. Lanjutnya, terkait kemampuan daerah untuk mengendalikan inflasi dapat dilakukan dengan memastikan keterjangkauan harga, kelancaran distribusi kemudian melakukan komunikasi yang efektif.

“Alhamdulillah untuk Kalimantan Utara, khususnya Tarakan. Pengendalian inflasi daerahnya di bulan Maret tahun 2024 secara month to month kinerjanya sangat baik diangka 0,1 persen. Ada peningkatan dari bulan Februari dari angka 0,53 menjadi 0,1 secara year to year kita berada di angka 0,2 persen terbaik ketiga di seluruh kota di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga :  Hujan Awet, Sejumlah Ruas Jalan di Tarakan Terendam 

Ia menyampaikan ada tambah arahan dari Kemendagri untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di November 2024 mendatang. Di Kota Tarakan sendiri, pihaknya telah melakukan rapat dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk persiapan Pilkada. Berdasarkan hasil rapat, saat ini KPU sudah sampai pada tahap perencanaan. Ia membeberkab pihaknya akan terus mensupport KPU dalam pelaksanaan Pilkada nanti.

“Pemkot tetap support terkait pelaksanaan insyaallah dalam waktu dekat kami akan rapat bersama tim Pemkot Tarakan untuk mengidentifikasi apa saja yang menjadi kendala dari kawan kawan kpu kita akan support,” ssebutnya lagi.

Baca Juga :  Dinding Dapur Bernandus Jebol Kena Tanah Longsor

“Mungkin terkait penyampaian kawan kawan KPU usulan anggarannya Rp 40 miliar 2023, hanya mendapatkan persetujuan Rp 15 miliar ada beberapa masih dianggap kekurangan. Contohnya untuk gedung ketika melaksanakan sidang pleno tidak ada biaya sewa kemudian untuk kendaraan logistik juga tidak tersedia kita akan support kawan kawan KPU dengan sama-sama mensukseskan pilkada serentak tahun 2024,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2914 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *