Pembangunan Jalan Perbatasan, BPJN Kaltara Fokus Perbaikan Geometrik

benuanta.co.id, BULUNGAN – Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kaltara menyebutkan, pembangunan jalan nasional sepanjang 203 Kilometer (Km) di perbatasan ruas Malinau Semamu hingga Long Bawan masih berproses.

“Dari 203 Km itu yang sudah beraspal sekitar 42 Kilometer. Sepanjang 32 Kilometer dari Malinau ke Paking, kemudian dari Long Bawan ke Long Midang itu 10 Kilometer yang beraspal,” ujar Kepala BPJN Kaltara, Zamzani kepada benuanta.co.id, Jumat (29/10/2021).

Baca Juga :  33 Orang Calon Panwascam Bulungan Ikuti Tes CAT

Zamzani mengatakan, jalan lainnya sementara ini memerlukan perbaikan geometrik. Dimana di rentang jalan tengah tersebut tahun 2021 ini sedang ada beberapa paket kegiatan BPJN.

“Di rentang jalan tengah itu ada 3 kegiatan untuk jalan berupa peningkatan perbaikan geometrik, penurunan grade dan pelebaran badan jalan,” ucapnya.

Dijelaskan Zamzani, 1 paket kegiatan terdapat di Gunung Jembolon dan 2 paket di Gunung Seluhut berupa pemotongan gunung dengan cara cut and fill agar jalannya jadi standar.

Baca Juga :  Wilayah Tarakan, Malinau dan KTT Hari Ini Diprediksi Hujan Sedang hingga Lebat

“Di Jembolon itu ada 8 Km dan Seluhut itu ada 2 paket jadi 28 Kilometer sehingga dengan adanya uang ini maka kita potong lagi sepanjang 36 Kilometer,” sebutnya.

Sebelumnya di tahun 2020 lalu pihaknya telah menyelesaikan sepanjang 13 Kilometer ditambah 13 Kilometer. Sehingga sisanya sedang diusahakan satu ruas jalan itu dari Malinau Semamu Long Midang dapat difungsionalkan.

Baca Juga :  Ombudsman RI Kaltara Soroti Program Sunting di Kabupaten Kota

“Mudah-mudahan bisa kita fungsionalkan jalannya sudah tembus tapi belum berfungsi. Kita harap keuangan kita lancar supaya bisa jalan,” pungkasnya. (*)

 

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Matthew Gregori Nusa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2728 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *