Tekan Covid-19, Pilkada Serentak 2020 Wajib Utamakan Protokol Kesehatan

TARAKAN – Melalui vidcon dalam rangka penegakan hukum pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 dalam masa Pandemi Covid-19, setiap kabupaten dan kota diwajibkan untuk utamakan protokol kesehatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Tarakan, Hamid Amren mengatakan rakor di inisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2140 votes

“Pada vidcon hari ini dihadiri oleh seluruh kabupaten kota Indonesia, yang melaksanakan Pilkada dan Pilgub, kita di Tarakan hanya melaksanakan Pilgub,” ujarnya saat diwawancarai, Jumat (18/9/2020)

Baca Juga :  KSOP Tarakan Sebut Ratusan Penumpang Gagal Berangkat Gegara Calo

“Tadi dari pusat ada arahan dari menkopolhukam, dari Kapolri, Mendagri, Kejaksaan Agung, BNPB, dan Panglima TNI. Pada dasarnya untuk menjalankan protokol kesehataan pada tahapan pemilu,” tambahnya.

Selain itu Mendagri juga mengarahkan menjelang Pilkada 2020 harus dipastikan tidak ada lagi pengumpulan massa, seperti yang terjadi saat tahapan pendaftaran bakal pasangan calon beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Nekat! Pria Ini Rampok Hp di Indekos Putri, Berakhir Diciduk Polisi

Ada beberapa titik rawan yang disampaikan oleh pusat, pada tanggal 23 september 2020, berpotensi rawan untuk menjadi perhatian.

“Kota Tarakan tidak menjalankan pilwali, pada dasarnya kita hanya fasilitasi rapat hari ini yang dihadiri oleh Danrem, Kabinda, Dandim, Kapolres, dan Wawali, serta perangkat daerah yang terkait yaitu Bawaslu dan KPU,” sebutnya.

Baca Juga :  Curi dan Preteli Motor Korbannya, Tiga Sekawan Ini Ditangkap Polisi

Pemkot juga akan menugaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membantu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), sebagai sekretariat di tingkat kelurahan dan kecamatan untuk membantu suksesnya penyelenggaraan pilgub tingkat Kaltara.(*)

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor : Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *