73 Tenaga Medis RSUD Negatif Rapid Test, Namun 35 Risiko Tinggi Akan Dilanjutkan Uji Swab

TARAKAN – Seorang Dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Provinsi Kaltara berinisial AA dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis 30 April lalu. Sebanyak 73 tenaga medis terpapar dan akan dilakukan pemeriksaan, Jumat 1 Mei 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M. Kes mengatakan telah melakukan tracing kasus kepada pasien Covid 28 dan mendapatkan 73 tenaga medis yang diduga memiliki kontak.

“Kami melakukan pemilahan kepada sejumlah tenaga medis yang memiliki kontak dengan pasien, sebanyak 73 tenaga medis melakukan pemeriksaan, namun hanya 35 orang yang akan menjalani uji swab,” ujarnya kepada awak media, Jumat 1 Mei 2020.

Baca Juga :  Curi dan Preteli Motor Korbannya, Tiga Sekawan Ini Ditangkap Polisi

Seluruh tenaga medis hasil tracing telah dilakukan Rapid Diasnogtic Test (RDT) dan seluruhnya negatif. “Berkaca dari pasien Covid 28 yang mempunyai hasil negatif RDT, maka kami akan melakukan uji swab lagi kepada tenaga medis dengan risiko tinggi,” terangnya.

“Sebanyak 35 tenaga medis RSUD mempunyai kontak erat dengan pasien Covid 28 dan akan segera menjalankan Swab tes,” tambahnya.

Baca Juga :  Museum Flora dan Fauna Rumah Boendar Tarakan Bakal Dialihfungsikan

Hasil swab atau spesimen akan segera dikirim ke Labotarium rujukan di Balai Besar Labotarium Kesehatan (BBLK) Surabaya.(*)

 

Reporter : Matthew Gregori Nusa

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *