oleh

Sejak 2020 Masuk Tarakan, Khilafatul Muslimin Miliki Tujuan Ini

benuanta.co.id, TARAKAN – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tarakan, membenarkan keberadaan organisasi Khilafatul Muslimin di Kota Tarakan sejak tahun 2020. Gerakan dari organisasi kekhalifahan itu pun terpantau Kemenag, namun tidak terdaftar secara resmi.

Hal ini juga telah lama menjadi atensi Kementerian Agama bersama sejumlah pihak yang berwenang. Dijelaskan Kepala Kantor Kemenag Tarakan, H.M. Shaberah, S.Ag.,MM pihaknya mengetahui keberadaan Khilafatul Muslimin beralamat di Kelurahan Juata Permai.

“Benar, Khilafatul Muslimin ada di Tarakan, sudah pernah kami panggil ke kantor dan rapat bersama Binda, kepolisian dan MUI sebelum pandemi Covid-19 kemarin,” ujar H.M. Shaberah, S.Ag., MM kepada benuanta.co.id, Jumat sore (11/6/2022).

Berita Terkait :

Kemenag memastikan kehadiran organisasi itu di Tarakan tak memiliki legalitas apapun, meski plang nama organisasi telah tertera di bangunan organisasi itu bernaung. Ditambah lagi, menurut Shaberah kalau Khilafatul Muslimin memiliki tujuan yang sukar untuk dicapai.

“Ciri khasnya memakai pakaian hijau, songko (peci) berwarna putih. Mereka ingin mempersatukan umat Islam seluruh dunia, tapi kan berat kalau caranya seperti itu,” urainya.

Namun demikian, berdasarkan pantauan Kemenag dan sejumlah pihak berwenang lainnya, organisasi kekhalifahan itu sulit melebarkan sayap di wilayah Tarakan hingga Kalimantan Utara.

Kemudian juga, simpati masyarakat Tarakan pun tak tertuju pada organisasi dibawah kepemimpinan Khalifah, Abdul Qadir Hasan Baraja.

“Mereka tidak akan berkembang di Tarakan, karena pengurusnya bukan orang yang punya pengetahuan dan wawasan luas, hanya beberapa orang saja,” tutup Kepala Kantor Kemenag Tarakan. (*)

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor : Yogi Wibawa

Klik Link Video di Bawah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × 4 =