Atensi IKN dan Perbatasan, Puspotdirgaau dan Lanud Anang Busra Tingkatkan Pertahanan Udara

benuanta.co.id, TARAKAN – Mengingat wilayah Kalimantan Utara menjadi kawasan strategis nasional, Mabes TNI AU melalui Pusat Pembinaan Potensi Dirgantara TNI Angkatan Udara (Puspotdirgaau) memberikan pembinaan terhadap Lanud Anang Busra dan stakeholder di Tarakan.

Kunjungan dan kegiatan ini, dipimpin oleh Wakapuspotdirga Kolonel Pnb Y.Aditya Permana, S.E., M.M yang diterima langsung oleh Danlanud Anang Busra Kolonel Pnb Toto Ginanto, S.T., M.A.P., M.Han di Gedung Serbaguna.

Selain kawasan strategis nasional, Mabes TNI AU pun mempertimbangkan wilayah Kaltara, sebagaimana keberadaannya berdekatan dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, sehingga penguatan pertahanan harus dimaksimalkan.

Baca Juga :  Nekat! Pria Ini Rampok Hp di Indekos Putri, Berakhir Diciduk Polisi

Wilayah Kaltara menjadi perhatian pusat, melalui Perpres nomor 11 tahun 2017 sebagai Kawasan Staretegis Nasional.

“Kita menyatukan pemahaman dalam rangka pembinaan strategis di wilayah Kaltara. Memberdayakan seluruh komponen yang ada guna menjaga pertahanan udara dari ancaman militer maupun non militer,” terang Wakapuspotdirga Kolonel Pnb Y.Aditya Permana, S.E., M.M kepada benuanta.co.id, Selasa (24/5/2022).

Dijelaskan perwira TNI AU berpangkat bunga tiga itu, Lanud Anang Busra pun bakal dipertimbangkan untuk naik status A guna meningkatkan ketahanan wilayah penyangga IKN.

“Karena untuk mendirikan suatu Ibukota negara tentunya wilayah sekitarnya harus ada dukungan yang kuat dan Lanud Anang Busra menjadi salah satu pertimbangan untuk memperkuat Ibu Kota Negara (IKN),” tambah Kolonel Pnb Y.Aditya Permana.

Baca Juga :  ICMI Muda Kaltara Dukung Penangkalan Paham Radikalisme, Hoax, dan Money Politic

Tak kalah penting, Puspotdirgaau dan Lanud Anang Busra fokus mengoptimalkan sumberdaya yang ada, meliputi pemerintah daerah, TNI, Polri, kementerian dan lembaga yang ada di daerah.

“Harapannya apabila ada pemahaman yang sama, kita akan memiliki staretegi yang sama sehingga semua saling mengisi,” lanjut dia.

Sementara itu,Danlanud Anang Busra Kolonel Pnb Toto Ginanto, S.T., M.A.P., M.Han mengapresiasi dukungan dan pembinaan Puspotdirgaau terhadap ketahanan wilayah ini.

Kolonel Pnb Toto Ginanto, S.T., M.A.P menerangkan bahwa Lanud Anang Busra dan stakeholder di daerah memiliki peran serta yang penting mengawal pembangunan nasional.

Baca Juga :  Museum Flora dan Fauna Rumah Boendar Tarakan Bakal Dialihfungsikan

“Nantinya kita akan mengikuti konsep strategis Kemenhan, Mabes TNI dan TNI AU seperti apa penguatan pertahanan di penyangga IKN,” tutur Danlanud Anang Busra.

Lanud Anang Busra mengaku optimis dengan terbangunnya hanggar skuadron Unmanned Aerial Vehicle (UAV) di bawah naungannya, akan semakin memperkuat pertahanan udara di Kaltara.

“Disini telah dibangun hanggar, tentu ini sebagai upaya meningkatkan pertahanan IKN dan wilayah perbatasan negara,” pungkas Kolonel Pnb Toto Ginanto.(*)

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *