oleh

Brimob Kaltara Lakukan Dekontaminasi Penumpang Pesawat Cegah Covid-19

TARAKAN – Satuan Brimob Polda Kaltara terus meningkatkan koordinasi dengan semua pihak terkait untuk memperketat pengawasan daerah objek vital di Provinsi Kaltara, guna mencegah masuknya virus corona atau covid-19 ke Provinsia Kaltara.

Antisipasi terhadap masuknya virus corona melalui objek vital seperti Bandara, Pelabuhan, dan lain-lain akan diperketat. Seperti halnya yang dilaksanakan di Bandara International Juwata Tarakan hari ini, Senin 23 Maret 2020.

Satuan Brimob Polda Kaltara bersama Ditpamobvid dan Ditpolairud Polda Kaltara berkoordinasi dengan Petugas Bandara Juwata Tarakan melaksanakan dekontaminasi menggunakan cairan disinfektan yang aman untuk manusia, terhadap masyarakat yang baru datang dari luar Provinsi Kaltara menggunakan pesawat udara di pintu keluar.

Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol. Heri Sulesmono, SIK mengatakan, upaya pencegahan virus corona dengan cara dekontaminasi kepada masyarakat ini telah diinisiasi oleh tiga pihak. Antara lain dilakukan oleh Satbrimob Polda Kaltara, Ditpolairud Polda Kaltara, dan Ditpamobvit Polda Kaltara yang dibantu oleh Dinas Kesehatan dan Petugas Bandara Juwata Tarakan.

“SOP telah kita lakukan dengan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, terkait cairan disinfektan yang kita gunakan, kami pastikan aman dan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid -19 ke Kaltara, dikarenakan masyarakat ini datang dari daerah zona merah covid-19, seperti Jakarta,” jelasnya.

Sampai saat ini Provinsi Kaltara belum ada laporan masyarakat yang positif Covid-19, namun untuk orang dalam pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sudah ada. Polri khususnya Polda Kaltara terus melaksanakan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi giat di luar rumah, selalu terapkan hidup bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan antiseptic.

“Saya dengan Pak Dirpolair dan Pak Dirpamobvid meminta maaf kepada penumpang yang baru datang atas ketidaknyamanannya, ini merupakan upaya kita supaya virus corona tidak menyebar di Provinsi Kaltara,” kata Dansat Brimob Polda Kaltara.

Selain upaya dekontaminasi, personel gabungan juga melaksanakan pengukuran suhu tubuh kepada penumpang yang datang. Selain di Bandara, untuk giat pencegahan akan dilaksanakan juga di pelabuhan-pelabuhan yang ada di Kota Tarakan.

“Semua masyarakat diharap tidak khawatir berlebih. Namun tetap waspada, ikuti imbauan pemerintah, kurangi kegiatan di luar rumah, terapkan hidup bersih, dan hindari kontak langsung dengan masyarakat lainnya,” imbau Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK.(*)

 

Sumber: Sat Brimob Polda Kaltara
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed