Dispar Kaltara Bangga Tarakan Mampu Saingi Wisata Alam Kabupaten Lainnya 

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Utara (Kaltara) bangga destinasi wisata Kota Tarakan mampu bersaing dengan wisata alam yang ada di kabupaten Kaltara lainnya.

Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala Dispar Kaltara, Njau Anau setelah melakukan kunjungan ke beberapa wisata yang ada di Tarakan. Ia menyebut, Pemerinta Kota (Pemkot) Tarakan peduli terhadap Wisata.

Walaupun tidak memiliki destinasi wisata alam seperti yang ada di kabupaten dan kota lainnya, Tarakan dinilai memiliki nilai lebih dalam dunia pariwisata karena memiliki daya tarik tersendiri.

“Menurut kita untuk di Kaltara, Kota Tarakan sudah cukup baik dan sudah mampu menyaingi,” jelas Njau, Kamis (1 /6/2023).

Ia menuturkan, dari data yang ada Kota Tarakan memiliki kebijakan mendorong wisata. Sehingga dapat dijadikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga juga perlu terus dikembangkan dengan baik ke depannya.

“Tarakan ini sudah mulai bagus. Sudah bisa dibanggakan dari sisi fasilitas, saya diskusi dengan teman-teman dari kementerian sebenarnya sudah cukup bagus. Tinggal bagaimana mendorong, dan menggerakkan itu. Dari ITCD sudah juga memberikan masukan-masukan jadi bisa mendorong wisata Kaltara,” terangnya.

Sebagai kota jasa, Tarakan memiliki nilai lebih dalam sektor wisata. Hal itu juga didukung posisi wilayah Tarakan yang dekat dengan ibu kota yang sedang dibangun.

“Tidak hanya dinas pariwisata yang bergerak, tetapi semua OPD kabupaten dan kota yang terkait yang ada wisata harus punya strategi,” cetusnya.

Dalam rangka menyelesaikan permasalahan wisata di Kaltara, Njau menuturkan Dispar kabupaten dan kota harus menyatukan pikiran dan program yang digunakan untuk membangun wisata menurut kewenangannya masing-masing.

“Itu yang sangat penting, ada pikiran-pikiran yang sama untuk melangkah dalam melaksanakan dan juga dalam mengevaluasi yang berlanjut terus. Kita harap tidak berhenti di sini, kita berjuang bersama sesuai kewenangan kita,” tutupnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *