Dispar Kaltara Gandeng UMKM Dapatkan HKI untuk Produk Lokal

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Tindak lanjutin keinginan pelaku UMKM yang ingin menetapkan Hak Intelektual (HKI) pada produk karyanya, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar pelatihan pengembangan produk lokal dan pembinaan HKI di Hotel Pangeran Khar, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kaltara pada Senin, 6 Mei 2024.

HKI yang digelar oleh Dispar Kaltara ini merupakan HKI perdana yang dilaksanaka di tahun 2024. Menurut Kepala Dispar Kaltara, Njau Anau pelatihan HKI ini merupakan permintaan dari para pelaku UMKM yang pada tahun 2023 lalu tidak sempat tercover.

“Tahun lalu kita gelar juga kegiatan serupa tapi ternyata banyak pelaku UMKM yang tidak bisa ikut, sehingga tahun ini kita laksanakan lagi agar pelaku UMKM yang tidak ikut dikegiatan tahun lalu bisa ikut di tahun ini,” kata Njau Anau.

Ia menuturkan sebanyak 80 pelaku UMKM yang ikut kegiatan ini diwajibkan untuk membawa prodak unggulannya sendiri agar dapat dipromosikam sekaligus didaftarkan langsung HKInya.

“Karena pemateri yang kita bawa merupakan staf langsung perwakilan Kemenhumkan RI, jadi prakter pendaftaran HKI juga langsung kita laksanakan,” lanjutnya lagi.

“Syukurnya adanya praktek langsung ini dapat mempermudah pelaku UMKM Kaltara untuk mendaftar HKI. Apalagi 80 peserta ini merupakan perwakilan dari 5 Kabupaten/Kota yang ada di Kaltara,” terangnya.

Sementara itu Fahmi yang merupakan salah satu pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini mengaku sangat terbantu karena dapat mendaftarkan HKI prodak buatannya.

“Tentunya sangat terbantu karena sebelumnya saya buta untuk hal seperti ini, tapi karena ada praktek langsung sayapun sangat terbantu dan baru tau juga kalau prosesnya bisa semudah ini karema didampingi langsung dari pihak Kemenhumkam,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Nicky Saputra 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2912 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *