Desa Tana Kuning Diproyeksikan Jadi Jalur Baru Menuju Pulau Derawan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Desa Tana Kuning ditargetkan bakal menjadi salah satu akses untuk menuju Pulau Derawan. Pertimbangan itu berdasarkan letak Tana Kuning yang dekat dengan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) dan menjadi satu-satunya pantai dan desa wisata di Kabupaten Bulungan.

Mengenai hal ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) optimis investasi sektor pariwisata juga akan membangun perkembangan trasportasi laut di Desa Wisata Tana Kuning, Kabupaten Bulungan.

Kepala Dispar Provinsi Kaltara, Njau Anau adanya wacana Pemprov Kaltara untuk membangun Pelabuhan di Tana Kuning dengan jalur Kota Tarakan menuju Tana Kuning, hal itu dianggap sebagai peluang baru untuk perkembangan bisnis transportasi desa wisata. Pasalnya, Desa Tana Kuning yang dianggap sangat dekat dengan Pulau Derawan bisa menjadi jalur alternatif wisman untuk pergi ke Pulau Derawan melalui Desa Tana Kuning.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Gelar Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata

“Sebenarnya sangat dekat dengan Pulau Derawan, makanya jika kita buka jalur menuju Derawan. Wisman tidak perlu lagi ke Tarakan untuk berangkat via speedboat ke Derawan, karena bisa diakses langsung di Desa Tana Kuning,” kata Njau Nau pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Ia menambahkan jika nantinya wacana itu berhasil terealisasi, maka hal itu dapat menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat Desa Tana Kuning dalam mengembangkan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Desa.

Baca Juga :  Desa Wisata Mangkaban Sebawang Lolos 50 Besar ADWI 2024

“Saya rasa hal itu mungkin saja, karena akan banyak usaha baru yang akan dibuka dan Wisman yang singgah di Tana Kuning juga akan semakin banyak,” ujarnya.

Meski wacana itu dianggap sebagai prospek yang sangat bagus bagi perkembangan Desa Wisata, namun sebelum dapat terealisasinya Njau Anau mengaku masih ada Pekerjaan Rumah (PR) yang harus segera diperbaiki Pemprov Kaltara terlebih dahulu seperti akses jalan darat Desa Tana Kuning.

“Perbaikan Jalan saya rasa akan menjadi tanggung jawab bersama, apalagi saat ini jalan di Sekitar Desa Mangkupadi seperti Wonomulyo juga sudah mulai teraspal. Artinya Pemrpov juga sangat perhatian soal jalan. Tinggal bagaimana kita di Dispar memanfaatkan kondisi itu untuk membangun Sektor Ekraf dan Pariwisata di Desa Tana Kuning dan kit optimisi hal ini akan membuat ekonomi di sana akan berkembang pesat,” pungkasnya.  (*)

Baca Juga :  Dispar Kaltara Gelar Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *