Desa Wisata Unggulan Daerah Sumbang Kunjungan Wisatawan Terbanyak

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pantai Amal Kota Tarakan, Desa Wisata Setulang dan Desa Pulau Sapi Kabupaten Malinau, Desa Wisata Tana Kuning Kabupaten Malinau dan Gunung Rian Kabupaten Tana Tidung (KTT) masih menjadi tujuan favorit wisatawan di akhir pekan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kaltara Njau Anau mengatakan, setiap akhir pekan atau saat hari libur destinasi wisata tersebut selalu menyumbangkan kunjungan wisatawan yang cukup besar dibandingkan dari hari biasa.

Baca Juga :  Desa Wisata Mangkaban Sebawang Lolos 50 Besar ADWI 2024

“Bisa mencapai ribuan kunjungan wisatawan dan kita akui juga kalau destinasi wisata itu memang masih menjadi ikon untuk daerahnya masing-masing, sehingga selalu ramai kunjungan wisatawan,” kata Njau Anau pada Kamis, 2 Mei 2024.

Meski tidak menyebut secara spesifik jumlah kunjungan pada masing-masing destinasi wisata, tapi Njau Anau menyebutkan kalau pertumbuhan kunjungan akan selalu meningkat drastis pada setiap hari libur.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Gelar Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata

“Peningkatannya bisa mencapai 300 persen bahkan di Tana Kuning sendiri bisa mencapai 2 ribu atau 3 ribuan lebih kunjungan wisatawan pada hari Minggu dan hal ini belum terhitung saat hari libur panjang yang jumlahnya bisa lebih banyak,” ujarnya.

Dalam pemantauan aktivitas kunjungan wisatawan semua destinasi wisata unggulan daerah, Njau mengaku memiliki tim khusus yang akan melakukan perhitungan per 3 bulan sekali.

Baca Juga :  Desa Wisata Mangkaban Sebawang Lolos 50 Besar ADWI 2024

“Itu menjadi penilaian kita dalam membentuk grafis keunggulan dari destinasi wisata,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2944 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *