Perusahaan Pengguna Air Permukaan Baku Bakal Didata Ulang

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Maksimalkan potensi pajak air permukaan (PAP) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ingin kembali mendata perusahaan menengah dan industri besar yang ada di Kaltara.

Pasalnya dari sekian banyak perusahaan yang ada di Kaltara ternyata baru sebagian yang diketahui menggunakan air permukaan dan membayar PAP.

“Artinya mungkin saja ada perusahaan yang sebelumnya belum menggunakan air permukaan dan sekarang menggunakan air permukaan baku, tapi belum terdata. Sehingga kita juga harus turun tangan membantu mereka agar terdata dan dapat membayar PAP,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pengembangan Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah, Bapenda Kaltara Hadi Hariyanto, Kamis (2/5/2024).

Baca Juga :  Bapenda Beri Atensi untuk Pendapat Asli Daerah

Ia membeberkan saat ini beberapa perusahaan yang ada di Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) sebagian besarnya sudah ada yang melaporkan penggunaan air permukaan baku dan membayar PAP kepada daerah. Sedangkan sisanya masih belum dan baru mengurus izin penggunaan air permukaan baku.

“Beberapa waktu lalu kami sudah datang ke KIHI. Di KIHI itu juga sudah ada bayar ke kita. Makanya perusahaan lainnya juga kita dorong untuk melakukan hal serupa. Karena pemanfaatan air baku itu juga banyak macamnya. Misalnya seperti pemeliharaan sungai, jika perusahaan itu mengambil air di pinggir sungai. Jadi ada hitungannya sendiri untuk ditambahkan dari situ,” terangnya.

Baca Juga :  Bapenda Beri Atensi untuk Pendapat Asli Daerah

Saat ini KIHI Tanah Kuning-Mangkupadi sudah ada pembayaran PAP ke pemerintah daerah. Tapi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan, potensi PAP-nya masih terbilang lama untuk dapat digali.

“Bisa dikatakan banyak potensi yang masih bisa digali untuk PAP ini. Kalau saya optimis orangnya, karena kita harus bergerak. Tapi tetap harus diselaraskan, terutama yang berkaitan dengan anggaran dan dasar hukum,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga :  Bapenda Beri Atensi untuk Pendapat Asli Daerah

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2654 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *