Dispar Kaltara Dorong Desa Wisata Segera Buat HKI UMKM

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Adanya penambahan pemandu wisata dan pemandu diving di Desa Wisata Tanah Kuning disebut-sebut dapat meningkatkan nilai ekonomi kreatif (Ekraf) dan memperkecil tingkat penangguran.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kaltara, Njau Anau mengatakan, potensi wisata diving dan banyaknya pekerja dari KIHI di Desa Tanah Kuning dapat dimanfaatkan sebagai peluang bagi masyarakat desa.

“Karena dua hal ini sudah mulai dilirik oleh wisatawan bahkan Kemenparekraf RI, sehingga harus lebih kita kembangkan lagi peluang pemandu wisata dan pemandu diving ini,” kata Njau Anau, Senin (29/4/2024).

Baca Juga :  Dispar Kaltara Gelar Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata

Ia menambahkan, adanya rencana pelatihan pemandu diving yang akan digelar di Desa Wisata Mangkupadi juga selaras dengan tujuan akan dibukanya wisata diving di kawasan itu.

Menurutnya hal ini sudah menjadi perhatian pihak Kemenparekraf RI, karena lokasi Pantai Tanah Kuning yang dekat dengan lautan lepas.

“Bahkan Kemenparekraf RI pun mengakui dan mendorong agar wisata diving ini bisa dikembangkan di Desa Tana Kuning. Makanya kita juga diminta untuk membentuk pelatihan pemandu wisata diving yang nantinya akan dilatih langsung oleh pihak Kemenparekraf RI,” ujarnya.

Baca Juga :  Desa Wisata Mangkaban Sebawang Lolos 50 Besar ADWI 2024

Selain itu, pihak Kemenparekraf RI juga sangat mendorong agar pelaku UMKM di Desa Tana Kuning dapat segera membuat Hak Intelektual (HKI) di setiap produk lokalnya.

Sebab, Kemenparekraf RI yang pernah melihat dan merasakan langsung produk lokal buatan Desa Wisata Tana Kuning mengakui produk lokal itu sangat bagus dan berkualitas.

“HKI ini juga menjadi tantangan kita dan syukurnya pihak Kementrian siap untuk turun tangan langsung membantu pelaku UMKM kita dalam mengurus HKI,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Dispar Kaltara Gelar Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2944 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *