Pemprov Kaltara Segera Laksanakan Lelang Jabatan di BKD dan OPD yang Masih Kosong

benuanta.co.id, BULUNGAN – Setelah dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan terhadap Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama, masih didapati adanya kekosongan kursi jabatan di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Salah satunya jabatan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), setelah pejabatnya dimutasi dan menduduki jabatan baru maka OPD ini mengalami kekosongan. Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang mengatakan, untuk OPD yang kosong setelah pejabatnya mendapatkan jabatan lain maka akan dilaksanakan proses lelang jabatan.

“Yang kosong ini akan kita laksanakan 2 kali lelang jabatan, karena ada beberapa jabatan yang masih kosong,” ungkap Zainal kepada benuanta.co.id, Rabu 26 April 2023.

Jabatan yang kosong dan dilakukan penunjukan adanya pelaksana tugas, yakni Dinas Perhubungan, Bappeda Litbang, Satpol PP dan PMK, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Baca Juga :  Pemprov Optimis Kaltara Bisa Capai Target Nasional

“Kemungkinan yang kosong ada 4 jabatan,” sebutnya.

Pejabat yang menjalani pelantikan di antaranya Kepala BKD Kaltara, Burhanuddin kini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Hubungan Antar Lembaga. Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Hubungan Antar Lembaga yang dijabat oleh Ferdy Manurun Tanduklangi, kini dipercaya menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Perbatasan.

Jabatan Staf Ahli Bidang Hukum Kesatuan Bangsa Politik yang dipegang oleh Amir Bakry kini menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial. Sementara untuk jabatan Staf Ahli Bidang Hukum Kesatuan Bangsa Politik kini diduduki oleh Datu Iman Suramenggala yang sebelumnya sebagai Analis Lingkungan Hidup Sub Bagian SDA Pertambangan dan Lingkungan Hidup Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Kaltara. Hanya saja saat pelantikan, Datu Iman Suramenggala tidak hadir. Gubernur Zainal mengatakan jika yang bersangkutan saat ini dalam kondisi kurang sehat.

Baca Juga :  Sekprov Buka Sosialisasi Pembiayaan bagi Pelaku UMKM

“Tidak hadir tadi pelantikan sebenarnya itu tidak masalah. Informasinya kondisinya (Datu Iman Suramenggala) lagi sakit,” paparnya.

Sedangkan 2 orang lainnya dikukuhkan kembali pada jabatan yang lama, yakni Kepala Dinas Kehutanan, Syarifuddin dan Usman sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan dikukuhkan kembali dijabatan lama.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara Suriansyah mengatakan lelang jabatan akan segera dilaksanakan, untuk itu BKD Kaltara sebagai panitia seleksi harus menyiapkan jabatan eselon 2 yang kosong dengan syarat kompetensi yang diperlukan untuk jabatan tersebut.

Baca Juga :  Penyampaian LKPM Triwulan II Diperpanjang

“Mendata semua eselon 3 termasuk fungsional yang layak untuk mengikuti seleksi terbuka tersebut. Setelah itu dikoordinasikan dengan KASN,” ucapnya.

Kata dia, untuk jabatan Kepala BKD Kaltara setelah kosong maka dilakukan pengisian berupa pelaksana tugas (Plt).

“Tadi telah diajukan berupa telanstap untuk di-Plt-kan. Kemudian yang lain yang kosong telah ada pejabat Plt-nya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *