Cegah Aktvitas Kriminal, DKSIP Kaltara Bakal Pasang CCTV Kota di Tanjung Selor 

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Menuju perubahan daerah yang modern dan tersinkronisasi melalui online, tahun ini Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berencana memasang CCTV Kota di Tanjung Selor.

CCTV Kota ini menjadi salah satu program priorotas DKISP Kaltara tahun ini dengan bekerja sama dengan TNI-Polri.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2005 votes

Sebagai langkah pertama, Kepala DKISP Kaltara, Ilham Zain mengatakan akan memulainya dengan pemasangan 15 atau 20 unit CCTV di tempat-tempat umum yang ada di Tanjung Selor yang nantinya akan terpantau langsung melalui pusat pemantauan DKISP.

“Tahun ini sudah mulai kita pasang dan titik-titiknya sendiri masih kita analisa. Jika tempat itu dianggap ramai dan rawan tindak kriminal maka akan kita pasangi CCTV,” kata Kepala DKISP Kaltara yang akrab disapa Ilham pada Senin, 1 April 2024.

Ia menjelaskan pemasangan CCTV Kota ini bukan bertujuan negatif kepada masyarakat, melainkan untuk tindak siaga aparat dalam merespon segala bentuk kejadian yang terjadi tiba-tiba.

“Kita melihat CCTV kota ini sangat banyak manfaatnya misalnya ada kejadian kebakaran maka semua pihak akan cepat respon, termasuk tindak kriminal yang memungkinkan pelakunya lebih cepat diamankan,” jelasnya.

Jika nantinya CCTV Kota ini terpasang, maka segala aktivitas yang terpantau oleh CCTV akan diawasi selama 24 jam penuh dan standar operasi satu titik pemantauan.

Di mana DKISP Kaltara akan menyiapkan satu ruang pemantau dan operator yang siap mengawasi dan melaporkan segala tindakan yang berpotensi berbahaya bagi masyarakat.

“Sistemnya kurang lebih seperti E-tilang bedanya di sini kita yang mengawasi dan ini kerja sama kita dengan TNI-Polri serta pihak lainnya,” lanjutnya lagi.

“Jika nantinya tahap awal pemasangan CCTV Kota ini sukses, maka kedepannya kita akan menambah pemasangan CCTV Kota dititik lainnya. Tapi untuk saat ini hanya sekitar 15 atau 20 unit yang akan kita pasang ditahun ini,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *