Pelabuhan SDF Tarakan Terus Evaluasi Pelayanan dan Keamanan

benuanta.co.id, Tarakan – Pelayanan dan keamanan Pelabuhan Tengkayu 1 (SDF) Tarakan terus dilakukan evaluasi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Wilayah XVII Kaltim-Kaltara. Hal ini setelah volume peningkatan penumpang yang terjadi setiap tahunnya tujuan Tarakan ke daerah lainnya di Kaltara.

Pihak Staf Syahbandar Pembantu Pelabuhan Tarakan BPTD Wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Sudirman mengatakan lonjakan arus mudik dan arus balik libur lebaran tahun ini memang meningkat signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau tahun kemarin masih ada pembatasan karena adanya covid, jadi perbandingan jumlah penumpang arus mudik dan arus balik tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun kemarin,” kata sudirman, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga :  PSU Tarakan Tengah Dipastikan Tanpa Kampanye

Sudirman juga menerangkan bahwa pihaknya telah memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dengan menyediakan posko untuk memudahkan pihaknya, dan masyarakat untuk berkomunikasi.

Ditanyakan mengenai keluhan masyarakat, ia mengatakan posko yang ada terdiri dari pihak Dinas perhubungan (Dishub), TNI, Polri, dan Basarnas selalu sigap dan standby untuk melayani keluhan masyarakat.

“Kalau pelayan masyarakat kita ada posko koordinasi teman – teman TNI, Polri, dan Basarnas, kita bekerja sesuai porporsi masing-masing. Ketika masyarakat butuh pelayanan ini kita ada posko di sini sigap melayani,” jelasnya.

Baca Juga :  TIPD Kota Tarakan Bakal Lakukan Monev ke Pasar Pasca Iduladha 1445 H

Terlepas dari itu, keluhan masyarakat tidak hanya mengenai pelayanan tetapi juga mengenai ketersediaan tiket penumpang. Diterangkan Sudirman bahwa ini merupakan kebijakan operator speedboat.

“Itu tergantung dari operator kapal, sama seperti tiket pesawat jauh hari sudah terjual. Tergantung operator kapalnya dia (operator) mau buka penjualan tiketnya kapan, dari pengguna jasanya lagi kalau mau berangkat hari ini sudah bisa booking (tiket) dari 2 hari sebelumnya,” terangnya.

Kendati demikian, usaha memaksimalkan pelayanan dan keamanan selama arus mudik dan arus balik diusahakan oleh pihak BPTD. Meningkatnya jumlah penumpang pengguna jasa speedboat pelabuhan SDF Tarakan dari tahun ke tahun membuat tingkat pelayanan dan keamanan juga wajib ditingkatkan.

Baca Juga :  Masjid Baitul Izzah Dipadati Jemaah Salat Iduladha 1445 H

“Untuk tahun ini memang lebih banyak (jumlah penumpang) dari tahun-tahun kemarin, jadi untuk keamanan dan pelayanan akan ditingkatkan lagi di tahun mendatang,” tutupnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1987 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Tlg untuk ketertiban dan kenyamanan penumpang khususnya di gate kedatangan …cuma disisakan 1 gate saja yg lain banyak spedboat parkir menunggu penumpang …sehingga klu ada speedboat yg akan menurunkan penumpang harus antri terlebih dahulu…kiranya ini menjadi perhatian demi kebaikan bersama