Buka Pra Musrenbang RKPD 2025, Upayakan Pembangunan Lebih Terarah

benuanta.co.id, TARAKAN – Mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara, Plh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Burhanuddin membuka langsung acara Pra Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 di Ballroom Swissbell Hotel pada Selasa, 23 April 2024.

Dalam sambutannya, Burhanuddin mengatakan kegiatan Pra Musrenbang ini dilaksanakan guna memastikan substansial RKPD Provinsi Kaltara 2025 tersusun secara integrasi dengan rencana pembangunan di kabupaten/kota.

“Hari ini kita duduk bersama untuk mendengarkan saran dari kabupaten/kota yang diwakili masing-masing Bappeda-Litbang kabupaten/kota. Tentunya merupakan usulan kebutuhan masyarakat yang menjadi kewenangan pemprov Kaltara,” ujarnya ke dalam sambutan, Selasa (24/4/2023).

Dilanjutkan Asisten II, sesuai dengan tema dan fokus pembangunan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Kaltara diharapkan usulan pembangunan dari kabupaten/kota dapat dibahas bersama. Untuk selanjutnya menjadi RKPD Provinsi Kaltara pada tahun yang akan datang.

“Perlu dimaklumi dari pemerintah kabupaten/kota, memfokuskan tiga usulan pembangunan yang merupakan upaya pemerintah provinsi untuk melakukan pembangunan lebih terarah, fokus dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Dalam agenda hari ini, pihaknya berharap adanya sinkronisasi dan penyelarasan usulan berdasarkan arah kebijakan dari setiap fokus pembangunan. Adapun ketentuannya, fokus pembangunan pertama terdiri dari maksimal 3 kegiatan, fokus pembangunan kedua maksmial 3 kegiatan dan fokus ketiga maksimal 6 kegiatan.

“Dari kondisi ini diharapkan terpetakan usulan kegiatan kabupaten/kota dalam bagian dari kewenangan provinsi yang mendukung pembangunan di setiap kabupaten/kota,” tutur Burhan.

Pihaknya juga mengharapkan masing-masing kabupaten/kota dapat aktif dalam memberikan informasi, data, usulan yang sesuai dengan pencapaian visi misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 yang diimplementasikan ke dalam RKPD 2025.

“Saya mewakili Pemprov Kaltara menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih pada peserta Pra Musrenbang RKPD Kaltara 2025. Semoga apa yang kita lakukan diorientasikan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan Kaltara berubah maju dan sejahtera,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2646 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *