Diguyur Hujan Deras, 7 Rumah di Jalan Kampung Jawa Tergenang Banjir Lumpur

benuanta.co.id, NUNUKAN – Setelah mengalami musim kemarau di penghujung tahun 2022, hujan deras mengguyur Pulau Nunukan dan menyebabkan sejumlah rumah di perumahan di Jalan Kampung Jawa terendam banjir lumpur pada Kamis, 5 Januari 2023.

Kasubid Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan, Basir mengatakan kejadian tersebut terjadi di perumahan BTN yang berada di Jalan Kampung Jawa.

“Banjir ini ternyata karena hujan deras yang terjadi sejak pukul 03:00 Wita dini hari, hingga pukul 08:35 Wita,” kata Basir kepada benuanta.co.id, Kamis (5/1/2023)

Baca Juga :  Lima Ribuan Penambahan Penduduk Nunukan, Faktor Dominan Rumput Laut dan PMI

Dikatakannya, akibat hujan deras tersebut, siring perumahan BTN pecah, sehingga pecahan batunya menutupi selokan hingga air hujan yang turun tergenang dan menyebabkan banjir.

Basir mengatakan, kondisi tanah liat tersebut lalu menyebar di perumahan blok C hingga ketinggian air mencapai betis kaki.

Sementara, untuk ukuran siring yang jebol yakni sekitar 8 meter dan ketinggian 3 meter. “Ada 7 rumah yang terkena banjir, yang terdiri dari 7 KK atau sekitar 22 jiwa,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dirjen Imigrasi Sampaikan Catatan Penting untuk Wilayah Perbatasan

Basir menyampaikan, usai mendapatkan laporan, personil BPBD yang turun kelapangan sekitar 20 orang untuk membantu membersihkan rumah warga yang terdampak.

“Tadi personel sudah ke lapangan untuk membatu memberikan rumah warga dan mengecek siring yang jebol,” tandasnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Matthew Gregori Nusa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2711 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *