Lima Ribuan Penambahan Penduduk Nunukan, Faktor Dominan Rumput Laut dan PMI

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nunukan mencatat jumlah penduduk sebanyak 217.923 jiwa, terdiri dari laki-laki 115.669 jiwa sedangkan perempuan 102.254 jiwa.

Sekretaris Disdukcapil Nunukan, Wilson mengatakan, data jumlah penduduk ini akan dirilis setiap tahun dua kali. Untuk jumlah penduduk tahun 2023 sebanyak 217.923 jiwa yang tersebar di 21 Kecamatan di Kabupaten Nunukan.

Baca Juga :  Ke Malaysia Secara Ilegal Masuk Indonesia Jalur Resmi, Akhirnya Berurusan dengan Imigrasi Nunukan

Jumlah penduduk di Kabupaten Nunukan terbanyak di Kecamatan Nunukan yakni sebanyak 72.925 jiwa, disusul di Kecamatan Nunukan Selatan sebanyak 25.547 jiwa, dan jumlah penduduk yang paling sedikit di Kecamatan Lumbis Hulu yakni 810 jiwa.

“Jika dibandingkan tahun 2022 jumlah penduduk ada penambahan sekitar mencapai 5000 jiwa lebih,” kata Wilson, kepada benuanta.co.id, Selasa, 14 Mei 2024.

Secara mutasi penduduk di Nunukan ada yang keluar dan ada yang masuk, namun nunukan termasuk wilayah yang surplus penduduknya. Artinya dibanding yang keluar lebih banyak yang masuk jumlah penambahannya sekitar 5000 lebih jiwa.

Baca Juga :  Bikin Kaget! Buaya Muncul Samping Jendela Rumah Warga Jalan Lingkar Nunukan

Salah satu faktor datangnya orang di Nunukan hingga menjadi warga Nunukan adalah rumput laut yang memiliki daya tarik tersendiri untuk orang-orang datang. Selain itu, wilayah perbatasan sebagian orang pendatang ingin menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia.

“Ada daya tarik tersendiri di wilayah Nunukan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *