Lima Ribuan Penambahan Penduduk Nunukan, Faktor Dominan Rumput Laut dan PMI

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nunukan mencatat jumlah penduduk sebanyak 217.923 jiwa, terdiri dari laki-laki 115.669 jiwa sedangkan perempuan 102.254 jiwa.

Sekretaris Disdukcapil Nunukan, Wilson mengatakan, data jumlah penduduk ini akan dirilis setiap tahun dua kali. Untuk jumlah penduduk tahun 2023 sebanyak 217.923 jiwa yang tersebar di 21 Kecamatan di Kabupaten Nunukan.

Baca Juga :  Satgas Pamtas Gagalkan Penyeludupan Miras di Sei Menggaris

Jumlah penduduk di Kabupaten Nunukan terbanyak di Kecamatan Nunukan yakni sebanyak 72.925 jiwa, disusul di Kecamatan Nunukan Selatan sebanyak 25.547 jiwa, dan jumlah penduduk yang paling sedikit di Kecamatan Lumbis Hulu yakni 810 jiwa.

“Jika dibandingkan tahun 2022 jumlah penduduk ada penambahan sekitar mencapai 5000 jiwa lebih,” kata Wilson, kepada benuanta.co.id, Selasa, 14 Mei 2024.

Baca Juga :  WNA Malaysia Selundupkan Sabu dalam Anus, Mengaku karena Terlilit Hutang 

Secara mutasi penduduk di Nunukan ada yang keluar dan ada yang masuk, namun nunukan termasuk wilayah yang surplus penduduknya. Artinya dibanding yang keluar lebih banyak yang masuk jumlah penambahannya sekitar 5000 lebih jiwa.

Salah satu faktor datangnya orang di Nunukan hingga menjadi warga Nunukan adalah rumput laut yang memiliki daya tarik tersendiri untuk orang-orang datang. Selain itu, wilayah perbatasan sebagian orang pendatang ingin menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia.

Baca Juga :  Mantan Bendahara RSUD Nunukan jadi Tersangka Korupsi  

“Ada daya tarik tersendiri di wilayah Nunukan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *