Dirjen Imigrasi Sampaikan Catatan Penting untuk Wilayah Perbatasan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kunjungan kerja Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Silmy Karim ke Kabupaten Nunukan, Rabu (15/5), merupakan kunjungan kerja di sejumlah yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia khususnya di Kabupaten Nunukan.

Kedatangannya disambut Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah di Bandara Nunukan. Setibanya di Nunukan Silmy Karim beserta rombongan dan jajaran langsung ke kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan.

“Jadi saya ingin melihat langsung bagaimana perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia, terkait kondisinya, pelayanannya seperti apa di sana,” kata Silmy kepada awak media.

Baca Juga :  Satu-satunya Akses Penghubung Dibenahi di Krayan Selatan

Dikatakannya, hal ini untuk memastikan pengoptimalan tugas dan fungsi Imigrasi berjalan sesuai dengan amanat Undang-undang (UU).

Selain itu, Silmy mengaku jika pihaknya akan melakukan penyempurnaan khususnya pada sarana dan prasarana khususnya yang ada di Pos-pos tradisional Lintas Batas Negara yang ada di perbatasan.

“Yang menjadi catatan dalam kunjungan ini, saya ingin ada perbaikan pada pos-pos Lintas Batas, baik dari sarana dan prasarananya, operasional begitu pun dengan Sumber Daya Manusia (SDM),” ungkapnya.

Baca Juga :  Kemenko Polhukam Fokus Penyelesaian Garis Batas Wilayah Indonesia-Malaysia di Sebatik

Menurutnya, dengan melihat letak geografis dan wilayah Kabupaten Nunukan yang luas, perlu adanya penambahan petugas di setiap pos-pos lintas batas. Begitu pun terkait persoalan jaringan komunikasi juga menjadi catatan dalam kunjungannya tersebut.

“Kita juga lagi perjuangan kan terkait tunjangan perbatasan, kalau untuk saat ini tunjangan perbatasan sudah dinikmati oleh TNI-Polri, jadi saya juga akan perjuangkan agar petugas kita yang ada di perbatasan juga bisa mendapatkan atensi dari Negara terkait hal ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Terlibat Pengeroyokan, Empat Pemuda di Nunukan Terancam Bui

Usai berkunjung di Kantor Imigrasi Nunukan, Dirjen Imigrasi bersama rombongan langsung bertolak ke Pulau Sebatik untuk melakukan peresmian Unit Layanan Paspor (ULP) di Sebatik.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2831 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *