oleh

Pastikan Ketersediaan Obat dan Vitamin Cukup, Sekda Malinau Lakukan Sidak Ke Sejumlah Apotek

benuanta.co.id, MALINAU – Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Malinau, Dr. Silvanis, S.PI, MM, lakukan sidak ke sejumlah apotek yang ada di kabupaten Malinau, kecamatan Malinau kota pada Rabu (28/07/2021).

Dalam kegiatan sidak apotek ini Sekda Malinau sidak sejumlah apotek, bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Anggota DPRD Malinau, Kodim 0910/Malinau, Polres Malinau, Kejari Malinau dan tim terpadu dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Malinau.

Saat ditemui usai kegiatan Sekda mengatakan sidak kali ini merupakan sidak lanjutan yang sebelumnya dilakukan oleh tim Dinkes Malinau, untuk memonitoring ketersediaan stok obat Covid-19 yang ada di kabupaten Malinau.

Baca Juga :  Serahkan RPJMD, Wempi Harapkan Program Pemkab Sejalan dengan DPRD

“untuk memastikan ketersediaan obat dan vitamin selama pandemi ini, maka kita ingin memantaunya langsung untuk memastikan kalau di Malinau stok obat, vitamin dan masker masih cukup tersedia,” kata Sekda.

Tidak hanya memantau langsung stok obat dan vitamin, dalam kegiatan ini Sekda juga memberikan pemahaman kepada sejumlah pengusaha Apotek, agar tidak asal dalam menjual obat dan vitamin.

Baca Juga :  Pedoman Pembangunan 5 Tahun ke Depan, RPJMD Tetap Digunakan PJS atau Kepala Daerah Selanjutnya

“Kita tidak ingin si penjual hanya mengambil untung saja dari konsumen. Makanya kita tadi mengarahkan para penjual obat untuk dapat menjelaskan fungsi dan obat kepada konsumen,” ungkapnya.

“Karena biasa ada obat dan vitamin yang sama, namun beda kandungan dan kegunaannya nah, kita minta para penjual juga memberikan edukasi agar konsumennya tidak asal membeli obat dan vitamin,” pungkasnya.

Selama melakukan sidak, Sekda juga melakukan pengecekan tanggal x-faired obat dan vitamin yang ada di Apotek dan meminta para pengusaha Apotek untuk teliti dalam melihat tanggal x-faired obat dan vitamin yang dijual kepada konsumen.

Baca Juga :  Tinjau Aktivitas PTMT, Kadisdik Malinau Sampaikan Seluruh Sekolah Siap PTMT

“saya rasa para penjual obat sudah paham dengan hal ini dan tentu akan membuat obat dan vitamin yang sudah kedaluwarsa, karena juka sampai dikonsumsi oleh konsumennya, hal itu tentu sangat berbahaya,” tutupnya.(*)

Reporter : Osarade

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed