Gubernur-Wagub Kaltara Sambangi Warga Terdampak Banjir di Malinau dan Salurkan Bantuan Kemanusiaan

MALINAU – Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Drs. Zainal Arifin Paliwang beserta Ibu Zainal dan Yansen TP beserta Ibu Yansen mengunjungi sejumlah titik terparah dari dampak banjir di Kabupaten Malinau, Senin 17 Mei 2021.

Gubernur menyalurkan bantuan bahan pokok kepada masyarakat terdampak banjir. “Saat ini kita belum bisa berbuat banyak, intinya para korban ini jangan sampai kelaparan agar pikiran mereka dalam menghadapi bencana ini bisa sedikit lebih tenang,” kata Gubernur.

Zainal menambahkan pemprov Kaltara saat ini, masih menunggu data data jumlah korban terdampak banjir.

Baca Juga :  Ombudsman RI Kaltara Soroti Program Sunting di Kabupaten Kota

“Kategori korban kan ada beberapa jenis, korban ringan, sedang hingga yang terparah, meninggal atau kehilangan rumah dan data ini yang kita tunggu dari tim Pemkab Malinau,” terangnya.

Jika nantinya data para korban terdampak banjir terkumpulkan, Zainal menjelaskan dengan dasar dari data itu, pihak pemprov baru bisa membantu total masyarakat yang terdampak banjir.

“Bantuan Pemprov juga nanti tergantung dari dampak para korban, sehingga nanti kita bisa menentukan apakah akan diberikan bantuan dana sosial atau rehabilitasi rumah bagi yang kehilangan rumah atau kerusakan rumah parah,” jelasnya.

Baca Juga :  Weekand Ini Diprediksi Hujan di Pagi Hari

Agar hal itu dapat berjalan dengan cepat, Zainal membeberkan akan bersinergi dengan Pemkab Malinau yang notabennya lebih memahami kondisi dari bencana banjir ini.

“Jadi, pemprov tidak sendiri mengurus hal ini, Pemkab juga harus turun tangan untuk mendata dan memberi bantuan pangan bagi masyarakat yang terdampak banjir ini,” pungkasnya.

Meski banjir yang melanda Malinau bukanlah kali pertama terjadi, namun mengingat dampak  kerusakan yang disebabkan oleh banjir kali ini sangat parah.

Baca Juga :  Bandara Juwata Turun Kelas, Gubernur Kaltara Bakal Ambil Langkah

Zainal pun, mengharapkan masyarakat Kaltara dapat bersatu dan bergotong-royong untuk membantu pemulihan masyarakat Malinau pasca terdampak banjir.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2728 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *