Pastikan Tepat Sasaran, Babinsa Koramil 0907/02 Tarteng Dampingi DTKS

TARAKAN – Pastikan tepat sasaran Babinsa Koramil 0907/02 Tarteng Sertu Arifin Raja Guguk lakukan pendampingan kegiatan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang berlangsung di kelurahan Kampung 1 Skip Kecamatan Tarakan Tengah, Selasa (16/03/2021).

Kegiatan tersebut guna mengupdate data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau yang berhak menerima Bantuan, sehingga bantuan yang diberikan oleh pemerintah dapat tersalurkan sesuai dan tepat sasaran.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2008 votes

Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi data terpadu tersebut diharapkan memperoleh data yang update dan valid sehingga data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tersebut dapat ditentukan dan digolongkan sesuai dengan data yang di rekomendasikan pemerintah pusat serta sinkronisasi data kesejahteraan sosial (DTKS) dalam upaya penanggulangan COVID 19 khususnya di kelurahan Kampung 1 Skip.

Baca Juga :  Pria yang Gantung Diri di Juata Laut Sempat Tulis Wasiat

Ia menambahkan, kegiatan DTKS ini dititik beratkan kepada masyarakat keluarga miskin dan tidak punya kerjaan akibat pandemi covid-19 atau warga memiliki penyakit kronis yang selama ini belum pernah mendapatkan bantuan.

“Jadi data penerima manfaat ini akan dicocokkan melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jika terdaftar dan belum mendapatkan bansos, maka dapat menerima bantuan sosial yang lainnya berdasarkan hasil musyawarah dan syarat sebagai penerima Bansos,” ungkapnya.

Baca Juga :  Arus Balik di Bandara Juwata Tarakan Meningkat dari Tahun Lalu

Lanjutnya, mendampingi aparatur desa dalam mendata warganya sudah menjadi kewajiban dalam menunjang terlaksananya pendataan terhadap warga masyarakat terkait bantuan sosial yang diberikan pemerintah.

“Ini merupakan sinergitas antara Babinsa dengan aparatur pemerintah desa.
Sebagai seorang Babinsa saya harus tahu perkembangan situasi wilayah binaan mulai dari jenis kegiatan maupun kendala yang terjadi di desa binaan, sehingga bersama-sama mencari solusinya apalagi terkait dengan masalah pendataan warga masyarakat”, pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Polres Tarakan Berikan Dispensasi Pengurusan SIM Mati saat Libur Lebaran

Reporter: Yogi Wibawa

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *