Polres Malinau Akan Ciptakan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

MALINAU – Mencanangkan pembentukan awal zona integritas, Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di jajaran Polres Malinau, Kapolres Malinau AKBP Agus Nugraha,SH, MH, SIK ingin ciptakan sistem pelayanan terbaik di Polres Malinau.

Saat diwawancara Agus mengatakan, ada 6 hal yang harus dibenahi, jika ingin menciptakan WBK dan sistem pelayanan yang baik yaitu, manajemen perubahan, penataan tata pelaksana, penataan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas dan penguatan peningkatan pelayanan publik.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2141 votes

“Jika ke 6 hal ini mampu dibenahi secara berkelanjutan, maka barulah kita membuat sistem WBK yang sebenarnya dan ini yang kita ingin lakukan saat ini dan selanjutnya,” kata Kapolres.

Menurut Agus, 6 syarat tadi memiliki masing-masing perbedaan dalam penerapannya, namun saling berkaitan dalam membentuk WBK yang menjadi syarat dari Ombudsman. Pasalnya, di zaman serba keterbukaan saat ini, Agus Menilai kinerja setiap satuan Polres Tarakan, perlu diawasi yakni dengan menciptakan zona integritas WBK.

“Polisi sekarang tentu harus memiliki sikap dan perilaku yang menjadi contoh bagi masyarakat dan menghilangkan praktek-praktek KKN yang kerap dilakukan oleh oknum personel tak bertanggung jawab,” ujarnya.

Meningkatkan sarana prasarana untuk kecepatan pelayanan, bisa dipantau publik, SDMnya haru berkualitas, tata manajemennya harus rapi, agar pelayanan terhadap publik bisa semakin memuaskan karena, dilayani dengan baik, santu, cepat dan nyaman serta mampu membuat pertanggung jawaban dari hasil kerja,” pungkasnya.

Namun sebelum mencapai 6 hal itu, Agus membeberkan ada 3 poin pelaksana yang harus dilakukannya terlebih dahulu, yakni membuat sentra pelayanan publik, pelayanan SKCK dan komitmen para jajaran untuk bersama-sama menjalankan hal ini secara efektif.

“3 hal ini sudah kita lakukan dengan baik dan hanya perlu perbaikan saja di sarana prasarana, ke depan saya yakin Polres Malinau pasti bisa membuat zona integritas WBK yang terbaik,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *