Data BMKG: Hujan Disertai Angin Sedang-Kencang Masih Akan Melanda Malinau

MALINAU – Hujan disertai angin berintesitas sedang dan kencang, diperkirakan masih akan melanda Kabupaten Malinau dalam beberapa hari ke depan.

Menurut prakirawan cuaca BMKG Tarakan William mengatakan, baik hujan berintesitas sedang, besar dan angin yang berintesitas sedang dan besar, masih akan melanda Malinau dalam beberapa hari kedepan.

Ia menjelaskan fenomena cuaca yang terjadi itu disebabkan dengan, gerakan angin dari segala penjuru, membentuk pola putaran awan di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Baca Juga :  Belasan Rumah Warga di Desa Tubu Malinau Utara Ludes Terbakar

“Karena perbatasan MaIinau yang dekat dengan provinsi Kalbar. Maka, cuaca seperti itu, masih memungkinkan untuk melanda Malinau seperti beberala hari sebelumnya,” kata William.

Ia pun mengungkapkan, diantara wilayah yang ada di provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Malinau lah yang paling memungkinkan untuk terkena dampak hujan yang lebih besar.

“Karena gerakan angin mengarah kesinj, maka hujan yang dihasilkan dari sifat cuaca di Kalbar, akan menguyur Malinau terlebih dahulu. Lalu bergeser ke wilayah lainnya seperti KTT, Bulungan dan Tarakan,” jelasnya.

Baca Juga :  Miris! Anak di Bawah Umur Curi Motor di Padan Liu’ Burung

Dengan prakiraan cuaca sperti itu, William membeberkan kalau hal itu juga akan berdampak dengan kondisi alam lainnya seperti lautan disekitar wilayah Malinau. Dimana gelombang akan lebih meningkat, dari sebelumnya.

“Kalau gelombak laut kemungkinkan naik 0,80 meter hingga 1,50 meter dan bila terjadi. Maka, kondisi alam itu akan berpengaruh kepada kondisi nelayan atau para pengguna perahu kecil,” ujarnya lagi.

Baca Juga :  Miris! Anak di Bawah Umur Curi Motor di Padan Liu’ Burung

“Namun tidak kepada para pengguna jasa transportasi laut seperti speed boad, yang masih masuk dalam kategori aman untuk berhadapan dengan kondisi alam seperti itu,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2728 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *