oleh

Data BMKG: Hujan Disertai Angin Sedang-Kencang Masih Akan Melanda Malinau

MALINAU – Hujan disertai angin berintesitas sedang dan kencang, diperkirakan masih akan melanda Kabupaten Malinau dalam beberapa hari ke depan.

Menurut prakirawan cuaca BMKG Tarakan William mengatakan, baik hujan berintesitas sedang, besar dan angin yang berintesitas sedang dan besar, masih akan melanda Malinau dalam beberapa hari kedepan.

Ia menjelaskan fenomena cuaca yang terjadi itu disebabkan dengan, gerakan angin dari segala penjuru, membentuk pola putaran awan di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

“Karena perbatasan MaIinau yang dekat dengan provinsi Kalbar. Maka, cuaca seperti itu, masih memungkinkan untuk melanda Malinau seperti beberala hari sebelumnya,” kata William.

Ia pun mengungkapkan, diantara wilayah yang ada di provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Malinau lah yang paling memungkinkan untuk terkena dampak hujan yang lebih besar.

Baca Juga :  Generasi Muda Malinau Harus Memiliki Asas Pancasila yang Ditanam Sejak Dini

“Karena gerakan angin mengarah kesinj, maka hujan yang dihasilkan dari sifat cuaca di Kalbar, akan menguyur Malinau terlebih dahulu. Lalu bergeser ke wilayah lainnya seperti KTT, Bulungan dan Tarakan,” jelasnya.

Dengan prakiraan cuaca sperti itu, William membeberkan kalau hal itu juga akan berdampak dengan kondisi alam lainnya seperti lautan disekitar wilayah Malinau. Dimana gelombang akan lebih meningkat, dari sebelumnya.

“Kalau gelombak laut kemungkinkan naik 0,80 meter hingga 1,50 meter dan bila terjadi. Maka, kondisi alam itu akan berpengaruh kepada kondisi nelayan atau para pengguna perahu kecil,” ujarnya lagi.

“Namun tidak kepada para pengguna jasa transportasi laut seperti speed boad, yang masih masuk dalam kategori aman untuk berhadapan dengan kondisi alam seperti itu,” tutupnya.(*)

Baca Juga :  BNPP: Camat di Perbatasan Negara Akan Ditambah Kewenangannya

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed