Pilkada, Pemimpin, dan Masa Depan Ketahanan Kesehatan

Para kepala daerah yang nantinya terpilih juga akan menentukan arah ketahanan kesehatan serta pemulihan masing-masing daerah dari masa sulit pandemi.

Wiku berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya memiliki pemimpin yang bertanggung jawab dan memiliki kapasitas serta komitmen untuk memimpin daerah di tengah masa pandemi.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2004 votes

Setelah hari pencobolosan, masa rentan penularan COVID-19 dalam tahapan pilkada belum berakhir.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

Merujuk data yang dijabarkan tim Satgas Penanganan COVID-19, beberapa negara yang menyelenggarakan pemilu saat pandemi COVID-19 mengalami peningkatan kasus setelah hari-H pencoblosan,

Beberapa negara itu adalah Belarus, Polandia, Serbia, dan Singapura. Di antara penyebab peningkatan kasus itu adalah terjadinya demonstrasi lanjutan setelah hari pencoblosan untuk memprotes hasil pemungutan suara.

Indonesia tentu perlu belajar dari pengalaman-pengalaman negara lain yang lebih dahulu melaksanakan pemilu di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga :  Pengusaha Ilegal RT RW Net Diancam Hukuman Pidana

Di tengah upaya keras penyelenggara, dan peserta untuk menertibkan tahapan pilkada, sebagai warga harus lebih waspada di tengah penularan COVID-19 yang kian menggila.

Jangan sampai Pilkada Serentak 2020 menimbulkan klaster baru penularan seperti yang terjadi saat liburan panjang akhir Oktober 2020, ataupun acara penyambutan tokoh agama di pertengahan November 2020.

Baca Juga :  Bandara Sam Ratulangi Tutup Akibat Erupsi Gunung Ruang

Kendali sebenarnya ada pada tangan masyarakat. Jangan berhenti melindungi diri dan mengedukasi anggota keluarga serta masyarakat sekitar.

Tidak perlu ragu untuk memberikan sanksi kepada calon kepala daerah yang abai dalam menerapkan protokol kesehatan dengan tidak mencoblosnya.

Para calon kepala daerah yang melanggar protokol kesehatan terbukti tidak peduli pada kesehatan masyarakatnya, tetapi hanya peduli pada elektabilitas mereka sendiri. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *