1 Positif Lagi di Tarakan, Pasien ngaku Tak Ada Riwayat Perjalanan dari Luar Maupun Kontak Erat

TARAKAN – Mendapatkan hasil sampel dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, seorang Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dinyatakan positif Covid-19, Selasa 5 Mei 2020.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M. Kes melalui press release di Dinas Kesehatan kota Tarakan, Selasa 5 Mei 2020.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2009 votes

“Hari ini kita terima hasil sampel dan ada penambahan pasien positif. COVID 35 laki-laki berinisial A (33) tinggal di Kelurahan Karang Anyar, RT. 03,” ujarnya kepada awak media, Selasa 5 Mei 2020.

Baca Juga :  Pemilik Tagih Janji Setelah Tanah Dijadikan Jalan Pemakaman Covid-19

Devi menjelaskan, hingga saat ini belum ada laporan pasien COVID 35 memiliki hubungan dengan kluster-kluster atau rombongan dari luar daerah. Sehingga masih akan dilakukan tracing dugaan penyebab pasien terpapar Covid-19.

“Hari ini baru dilakukan tracing dan belum bisa dipastikan di mana dugaan pasien tertular Covid-19,” terangnya.

Saat masuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, pasien COVID 35 memiliki keluhan batuk, sesak napas, dan memiliki penyakit riwayat asma selama 1 tahun.

Baca Juga :  Mudik Lebaran Kepolisian Tak Temukan Calo Tiket Pelni

“Sebelum dinyatakan positif, pasien memiliki gejala-gejala Covid-19 dan ditetapkan menjadi PDP sekitar 4 hari yang lalu dan telah menjalani rontgen. Sementara ini belum ada laporan pasien tersebut sebagai pelaku perjalanan dari luar daerah, tim akan segera melakukan tracing pada pasien,” jelasnya.

Selain itu, PDP yang dirawat sebanyak 6 orang. PDP yang meninggal sebanyak 5 orang. Pada tanggal 4 Mei 2020, terdapat penambahan kasus kematian 1 orang yang merupakan PDP dan siangnya telah dimakamkan di Juata Laut dengan prosedur pemakaman Covid-19.

Jumlah Kumulatif ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 371 orang. Pemantauan yang dilakukan oleh puskesmas sesuai wilayah tempat tinggal ODP sebanyak 108 orang Jumlah ODP selesai menjalani pemantauan dan dinyatakan sehat, serta mendapatkan surat keterangan sehat dari Puskesmas sebanyak 263 orang.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Bakal Tinjau Kondisi dan Fasilitas Pantai Ratu Intan

Secara kumulatif OTG (Orang Tanpa Gejala) saat ini sebanyak 478 orang. Yang sedang dilakukan pemantauan sebanyak 321 orang dan yang selesai dilakukan pemantauan sebanyak 157 orang OTG adalah orang yang tidak bergejala namun memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi postif COVID-19.(*)

 

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *