oleh

Langkah Tegas Bupati Cegah Penyebaran Covid-19, Laksanakan Sosialisasi dan Edukasi di Setiap Desa

TANA TIDUNG – Sabtu pagi, 28 Maret 2020 Kecamatan Muruk Rian melakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan covid-19 di Kantor Desa Rian bersama Kepala Desa Rian, tokoh masyarakat, serta lapisan masyarakat lainnya.

Acara ini merupakan Instruksi dari Bupati Tana Tidung, Dr. H. Undunsyah MH M.Si selaku kepala daerah untuk melaksanakan sosialisasi dan edukasi ke tingkat desa dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Camat Muruk Rian, Idris Hendro Wibowo, ST

Sehingga, Camat Muruk Rian melaksanakan kegiatan ini sebagai perpanjangan tangan Pemkab KTT di tingkat kecamatan.

Sebelum memulai sosialisasi dan edukasi tersebut, seluruh yang terlibat dalam acara tersebut telah dicek suhu tubuhnya dan telah melakukan prosedur mencuci tangan. Serta, acara ini telah mendapat persetujuan dari kepolisian dan koramil.

Acara tersebut dimulai dengan pemaparan tentang penyebaran covid-19 di dunia dan Indonesia, khususnya oleh dr. Yehuda Agus Santoso yang berasal dari Puskesmas Muruk Rian.

Acara juga dilanjutkan demo dari dr. Yehuda untuk komposisi disinfektan yang digunakan untuk penyemprotan fasilitas umum yang sering dipegang sehari-hari.

Selanjutnya, pemberian informasi mengenai edaran, anjuran dan arahan dari pemerintah provinsi dan Pemerintah Kabupaten Tana Tidung oleh Camat Muruk Rian, Idris Hendro Wibowo,ST.

“Edaran ini adalah hasil turunan dari provinsi lalu ke kabupaten. Sebagaimana kita ketahui sekarang ada 2 pasien positif di Kaltara. Untuk mencegah penyebaran virus corona ini langkah-langkah sudah diambil oleh pemerintah kita. Jadi saya harap edaran dan anjuran yang ada bisa kita lakukan guna mencegah penyebaran covid-19,” ujar Camat Muruk Rian.

PENGOLAHAN DISINFEKTAN : Pengolahan disinfektan oleh perangkat desa.

Salah satu edaran dan arahan mulai tingkat provinsi sampai kabupaten adalah Kades segera bentuk Tim Penanganan Covid-19 tingkat desa, serta menghindari untuk berkumpul dalam jumlah banyak sampai batas waktu atau kondisi sudah mulai stabil.

Jika ada mahasiswa atau keluarga datang dari luar KTT, segera lapor ke pihak desa sehingga pihak Puskesmas Muruk Rian bisa mengambil langkah untuk hal itu.

Sebelum sosialisasi hari ini yang bertempat di kantor Desa Rian, sebelumnya juga telah dilaksanakan sosialisasi dan edukasi di Desa Seputuk dan Belayan Ari, Kamis lalu dan Desa Sapari dan Desa Rian Rayao pada hari Jumat kemarin. Selanjutnya akan diadakan sosialisasi dan edukasi di Desa Kapuak pada hari Senin mendatang.(*)

 

Reporter : Herdiyanto Aldino Bachri
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed