Soroti Tujuan Pembentukan Koperasi, Cuma Ingin Dapat Bantuan Dana?

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMK (Disperindagkop) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mencatat sebanyak 900 unit koperasi di Kaltar. Dari jumlah tersebut hanya 640 aktif, sedangkan tidak aktif sebanyak 260 unit.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMK (Disperindagkop) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Hasriyani mengatakan, dinas koperasi yang membidangi di kabupaten dan kota itu harus bisa melakukan pengawasan dan juga betul-betul seleksi jika ada masyarakat yang hendak ingin membentuk koperasi.

“Harus memastikan koperasi itu dibentuk apakah betul mau menjalankan usaha atau hanya ingin mendapatkan bantuan semata saja, saat ini koperasi yang tercatat di kami ada 900 dan itu ada yang tidak aktif sebanyak 260,” kata Hj. Hasriyani, kepada benuanta.co.id, Rabu, 6 September 2023.

Baca Juga :  Harga Beras SPHP Resmi Naik

Dia juga menjelaskan, rincian koperasi di Kaltara, mulai dari provinsi sebanyak 37 koperasi dan aktif semua, sedangkan di Kabupaten Bulungan sebanyak 206, namun yang aktif hanya 138 dan tidak aktif 68.

Malinau dengan total 116 koperasi, yang aktif 88 unit, dan yang tidak aktif 28 koperasi. Nunukan sebanyak 340 koperasi, namun yang aktif hanya 258 dan tidak aktif 82. Tana Tidung sebanyak 55 koperasi, yang aktif 25, yang tidak aktif 30, dan Tarakan sebanyak 146, yang aktif 94, yang tidak aktif 52 koperasi.

Baca Juga :  Expo Tarakan-Tawau Bakal Digelar Agustus Mendatang

“Jika kita lihat jumlah koperasi di Tana Tidung sebanyak 55 koperasi, namun mirisnya yang aktif hanya 25 saja, dan yang tidak aktif ada 30,” jelasnya.

Lanjutnya, yang patuh dan taat aturan hanya 640 koperasi yang aktif, dan juga yang memiliki bersertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) hanya 122, dan yang masih aktif melakukan rapat tahunan sebanyak 113 koperasi di Provinsi Kaltara.(*)

Baca Juga :  Maskapai Pelita Air Bakal Lakukan Studi Kelayakan Sebelum Masuk Tarakan

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2744 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *