Tingkatkan Fasilitas Program Bangga Kencana, Dinkes Operasikan 10 Balai Penyuluhan KB di Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Nunukan saat ini telah memiliki sebanyak 10 bangunan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) yang tersebar di 10 Kecamatan.

Bangunan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) berada di Kecamatan Sei Menggaris dilengkapi dengan fasilitas instalasi listrik dan air serta kelengkapan pengolahan data.

Anggaran Pembagunan Balai Penyuluhan KB sendiri, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang KB Tahun Anggaran 2022 melalui Dinkes P2KB Kabupaten Nunukan.

Baca Juga :  Warga Desa Atap Heboh, Air Sungai Sembakung Berubah Jernih 

Plt. Kepala Dinas Kesehatan P2KB, Hj. Miskia mengatakan Balai Penyuluhan KB bagian terpenting dari upaya pemerintah untuk meningkatkan fasilitas layanan program Bangga Kencana bagi masyarakat di Kabupaten Nunukan.

“Balai Penyuluhan KB ini bisa menjadi tempat koordinasi, pertemuan para Penyuluh KB, Petugas Lapangan KB (PLKB) dan para kader untuk melakukan aktivitas perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pengendalian dan pembinaan baik terhadap Penyuluh Keluarga Berencana itu sendiri maupun institusi masyarakat serta mitra kerja yang berhubungan dengan program kesehatan dan pelayanan keluarga berencana,” kata Hj. Miskia, Sabtu (7/1/2023).

Baca Juga :  Lewat DPRD Nunukan Warga Minta Pemda Tata Ulang Pasar Yamaker Supaya Nyaman

Balai Penyuluhan KB tempat untuk merancang program mengenai permasalahan kependudukan, Program Penurunan dan Penanganan Stunting, Program Pembinaan Keluarga Sejahtera (BKB,BKR, BKL,PIK Remaja, dan UPPKS) dan lainnya.

Kata Hj. Miskia, Penyuluh KB yang bertugas di Kecamatan Sei Menggaris agar segera memfungsikan Balai Penyuluhan KB tersebut sesuai peruntukannya. Dengan adanya keberadaan bangunan balai ini, diharapkan agar penyuluh KB yang ada dapat lebih maksimal dalam membina warga agar mengetahui secara detail.

Baca Juga :  Pembukaan PLBN di Sei Menggaris Jadi Pembahasan Utama Sosek Malindo

“Pentingnya program Bangga Kencana dalam menjalankan pembangunan di daerah guna mewujudkan keluarga yang sehat, berkualitas dan sejahtera”, imbuhnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *