Rektor UBT Sambangi Nunukan Kenalkan Program Studi S2 Hukum

NUNUKAN – Universitas Borneo Tarakan (UBT) membuka penerimaan mahasiswa baru program studi Magister Hukum tahun akademik 2021 – 2022. Hal itu seiring dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kalimantan Utara (Kaltara).

“Saya bersyukur bertemu dengan Kajari, seorang pak Yudi yang peduli dengan peningkatan SDM,” kata Rektor UBT, Adri Patton.

Dia juga mejelaskan berdasarkan regulasi kualifikasi pendidikan Strata S2 sangat dibutuhkan. Karena pada jabatan Eselon 2A harus memiliki kualifikasi pendidikan Strata S2.

“Untuk program S2 adalah Magister Hukum, namun ke depan akan membuka Program Doktor Hukum. Oleh karena itu ke depan kami akan menghadap kementerian untuk membuka program-program baru yang sudah diusulkan,” katanya.

Baca Juga :  Warga Desa Atap Heboh, Air Sungai Sembakung Berubah Jernih 

Selain itu juga, Ketua Pengelola Magister Hukum Universitas Borneo Tarakan, Dr Syafrudin, SH., M.Hum menyampaikan bahwa program Magister Hukum ini pada tahun 2017 mendapat akreditasi B. Magister Hukum Universitas Borneo telah mandiri sejak tahun 2013.

“Awalnya Magister Hukum ini di bawah bimbingan Universitas Airlangga hingga 2012, dan Alhamdullilah 2013 sudah bisa mandiri,” ucapnya.

Lebih lanjut Syafrudin menyampaikan hingga tahun 2019 jumlah alumni Magister Hukum di Universitas Borneo sudah mencapai 161 orang.

Baca Juga :  WC PVC Solusi Kades Setabu bagi Warganya yang Bermukim di Bantaran Sungai 

“Untuk tahun 2020 jumlah mahasiswa kami ada 70 orang, sebagian bekerjasama dengan Pemkab Malinau,” ujarnya.

Menyelesaikan Program S2 Hukum di Universitas Borneo ini seorang mahasiswa harus menyelesaikan 38 SKS yang terdiri dari Mata Kuliah Wajib 10 SKS (5 Mata Kuliah), Mata kuliah Pilihan 19 SKS (9 Mata Kuliah) , Mata Kuliah Penunjang Tesis (MKPT) 4 SKS (2 Mata Kuliah) dan Tesis sebanyak 6 SKS.

Terkait dengan waktu perkuliahan dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu, sementara untuk total biaya hingga selesai sekitar Rp.52 juta.

Ditambahkan Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, menyambut baik kedatangan Rektor Universitas Borneo Tarakan ke Nunukan.

Baca Juga :  PKBM Lanuka Terus Fasilitas Hak Pendidikan WBP Lapas Nunukan 

“Tujuna kedatangan mereka ini adalah peningkatan SDM, dengan menempuh pendidikan salah satunya S2. Pada jabatan Eslon 2A harus memiliki kualifikasi pendidikan Strata S2,” ucapnya.

Dalam Acara itu nampak juga dihadiri langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, S.IP.,MSi dan Kajari Nunukan, Yudi Prihastoro,S.H.,M.H, ASN di lingkungan Pemkab Nunukan dan instansi Vertikal di Kabupaten Nunukan seperti Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Bea Cukai, serta jajaran Polres Nunukan. (*)

Reporter: Darmawan

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *