oleh

Lima Anggota DPRD Kaltara Pergantian Antar Waktu Dilantik

TANJUNG SELOR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), menggelar rapat paripurna pengambilan sumpah janji Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kaltara sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Ketua DPRD Kaltara, Norhayati Andris usai melantik lima anggota DPRD kepada benuanta.co.id menjelaskan, satu anggota DPRD dari Fraksi Gerindra yakni Andi Kasim (Alm) yang meninggal dunia pada Agustus 2020 lalu digantikan oleh Khusnul Yakin sebagai peraih suara terbanyak setelah Andi Kasim di Pileg 2019 lalu.

“Sementara 4 anggota DPRD Kaltara yang diganti karena maju di Pilkada 2020 di antaranya Syarwani (Fraksi Golkar) digantikan oleh Ainun Faridah, Herman (PKB) diganti Muhammad Iskandar, Najamuddin (Demokrat) diganti Ruslan, dan Muhammad Nasir (PKS) digantikan oleh Khoiruddin,” jelas Norhayati Andris, Senin (28/12/2020).

Baca Juga :  PDP Bulungan Meninggal Dunia, Total 2 Orang yang Dimakamkan dengan Protap Covid-19

Lanjutnya, Pergantian Antar Waktu ini merupakan proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya memenuhi kelengkapan keanggotaan dewan Kaltara.

“Selamat kepada anggota dewan yang baru dilantik, diharapkan mereka dapat menyesuaikan diri dan menjalan amanah rakyat sesuai ketentuan tata tertib yang jadi pedoman saat melaksanakan tugasnya sebagai anggota dewan,” kata politisi PDIP ini.

Disinggung kehadiran anggota DPRD pada paripurna istimewa yang hanya dihadiri lima anggota dewan itu, Norhayati menegaskan, sebagian besar anggota dewan tidak hadir langsung namun mengikuti proses paripurna melalui virtual, apalagi wabah pandemi Covid-19 di Kaltara jumlahnya terus meningkat.

“Sebagian besar mengikuti paripurna melalui virtual. Selain itu paripurna ini bukan mengambil keputusan jadi tidak masalah,” tegasnya.

Baca Juga :  416 CJH Kaltara Sudah Jalani Bimbingan Haji

Ia menambahkan, masuknya Ainun Farida sebagai anggota DPRD Kaltara menambah jumlah keterwakilan perempuan di parlemen Kaltara.

“Jadi sudah ada 5 anggota dewan keterwakilan perempuan di DPRD Kaltara atau memenuhi kuota 5 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltara, H. Udin Hianggio mengatakan, anggota DPRD yang baru dilantik itu diharapkan dapat bekerja dengan baik serta memiliki integritas dalam menjalankan amanah, demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Kaltara.

“Selamat kepada anggota dewan yang baru dilantik, saya berharap nantinya mereka (anggota DPRD) dapat bersinergi dengan gubernur yang baru terpilih di Pilkada serentak 2020 sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltara,” pungkasnya.(*)

Reporter: Victor Ratu
Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed