Mendisiplinkan Masyarakat, Polda Kaltara Gelar Lomba Penggunaan Masker

TANJUNG SELOR – Peran aktif masyarakat dibutuhkan dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. Upaya pendisiplinan masyarakat dapat dilaksanakan dengan razia dan juga bisa dengan cara yang lain.

Polda Kaltara pun bekerjasama dengan instansi lain, utamanya Pemda dan TNI dengan melaksanakan giat sosialisasi dan penertiban masker di tempat umum, yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2137 votes

Selain dengan cara tersebut, Polda Kaltara juga mencoba melaksanakan kegiatan yang berbeda dengan yang lain. Yaitu dengan cara mengadakan lomba pengunaan masker oleh masyarakat Kaltara, utamanya yang melaksanakan aktivitas di tempat umum.

Baca Juga :  Reforma Agraria Upaya Tuntaskan Tumpang Tindih Lahan di Bulungan

”Partisipasi masyarakat merupakan senjata utama dalam pencegahan penyebaran virus covid-19, vaksin paling utama,” kata Kapolda Kaltara, Irjen Pol. Drs. Bambang Kristiyono, M.Hum, Selasa (22/09/2020).

Kapolda menjelaskan, Kegiatan pemerintah dalam melawan covid-19 salah satu caranya adalah dengan mengunakan masker. Kemudian Polda Kaltara mengemas dalam bentuk lomba agar membangkitkan jiwa kesadaran masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat berlomba-lomba memutus mata rantai penularan virus dengan selalu mengunakan masker.

Polda Kaltara menginisiasi lomba mengunakan masker karena prihatin dengan penularan virus saat ini. ”Di sisi lain vaksin belum ditemukan, sehingga perlu strategi dan treatment khusus,” katanya.

Baca Juga :  Sinergi Reforma Agraria di Bulungan Fokus Penataan Aset

Ditambahkan Karo SDM Polda Kaltara, Kombes Pol. I Wayan Gede Ardana SIK M.Si selaku koordinator kegiatan lomba ini, mengharapkan agar kegiatan serupa dilaksanakan juga di tingkat Polres yang bekerjasama dengan media lokal yang ada di Kaltara.

Di mana setiap hari tim ini akan patroli di tempat keramaian dan lokasi yang ada pengunjungnya untuk mengambil foto orang yang sedang melaksanakan kegiatan. Penilaiannya adalah warga yang selalu disiplin dan tertib menggunakan masker, baik saat diam maupun berbicara dengan orang lain. “Foto yang dikirim akan diseleksi serta orang yang terpilih akan dimuat di media lokal di Kaltara,” terang I Wayan Gede Ardana.

Baca Juga :  Sinergi Reforma Agraria di Bulungan Fokus Penataan Aset

Dirbinmas Polda Kaltara, Kombes Pol. Eri Dwi Harianto S.IK mengharapkan masyarakat Indonesia bersemangat dan ikut berperan serta dalam pencegahan Covid-19, agar virus corona tersebut dapat segera teratasi. “Kami berharap Indonesia nantinya bisa kembali normal,” ungkap dia.

Sementara itu, Plt. Kabid Humas Polda Kaltara AKBP Budi Rachmat SIK M.Si menambahkan, semoga dengan disiplin diri bisa melindungi diri kita dan orang lain dari virus covid-19. “Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama antar satker yaitu SDM, Bimas, Lantas dan Humas Polda Kaltara,” tutupnya.(*)

 

Sumber: Bid Humas Polda Kaltara

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *