Reforma Agraria Upaya Tuntaskan Tumpang Tindih Lahan di Bulungan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Antisipasi adanya tumpang tindih lahan pertanian di Kabupaten Bulungan. Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bulungan bersama Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan pertanahan (ATR/BPN) melaksanakan gerakan Reforma Argaria di Kabupaten Bulungan.

Gerakan yang merupakan program dari Kementrian ATR/BPN ini diharapkan dapat menjadi solusi dari persoalan tumpang tindih lahan yang ada di Kabupaten Bulungan, khsusnya membantu petani dalam mengurus kepemilikan lahan.

“Tidak hanya itu tapi dampak dominonya juga banyak sekali seperti membantu peningkatan pemberdayaan ekonomi petani dan membantu petani dalam hal kepastian hukum kepemilikan lahan,” kata Kepala BPN Bulungan, Lena Purnama Sari, pada Selasa, 23 April 2024.

Menurut Lena, sapannya, agraria erat sekali hubungannya dengan pertanian khususnya menyangkut kepemilikan lahan. Sehingga melalui Reforma Agraria ini juga ke depannya lahan pertanian Bulungan dapat dapat teruruskan hingga menjadi sertifikat lahan.

“Namanya lahan tentu harus memiliki surat minimalnya PTPSL dan melalui Reforma Agraria ini kita ingin mempermudah masyarakat dalam hal kepengurusan lahan,” ujsarnya.

Ia menambahkanSaat ini, jumlah kepemilikan tanah bersertifikat di Bulungan telah mencapai 75 persen. Sehingga kekurangan hanya sekitar 25 persen dari target 100 persen.

Sehingga melalui Reforma Agraria ini ia mendorong masyarakat agar peduli terhadap aset lahan yang sudah dikelolah dengan mengurus surat tanahnya, agar tidak menjadi tumpang tindih di kemudian hari.

“Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sudah kita lakukan sejak tahun 2016 lalu tujuannya agar penataan aset masyarakat di Bulungan ini memiliki kepastiaan hukum. Bahkan kita juga sudah melakukan pemetaan lahan lewat udara di beberapa desa, agar ke depannya persoalan tumpang tindih lahan tidak terjadi lagi di kalangan masyarakat Bulungan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2914 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *