Sebagain Besar Wilayah Bulungan Terjadi Hujan Ringan hingga Lebat

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan, cuaca di Kalimantan Utara (Kaltara) Ahad dan Senin (8/4/2024) berpotensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pagi hari yaitu di wilayah Bunyu, Tanjung Palas, Tanjung Palas Tengah, Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Utara, Tanjung Selor, Tana Lia, Kayan Hilir, Kayan Hulu, Kayan Selatan dan Sungai Boh.

Hal itu dikatakan Forecaster BMKG Tanjung Harapan Sylvi Yulianti. Di Bulungan hujan dengan intensitas lebat terjadi di beberapa kecamatan yaitu. Bunyu, Tanjung Palas, Tanjung Palas Tengah, Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Utara dan Tanjung Selor dan daerah sekitarnya.

“Untuk di Kabupaten Bulungan diperkirakan hujan terjadi mulai pukul 02.00 WITA hingga saat ini namun intensitas hujan tidak terlalu lebat,” katanya.

Selain hujan dengan intensitas ringan yang masih terjadi, BMKG Tanjung Harapan juga memperkirakan tinggi gelombang di perairan Kalimantan Utara, yaitu. Arah Angin Timur Laut – Timur, 8 – 20 knots, Tinggi Gelombang 1.25 – 2.50 m, Perairan Sulawesi Bagian Barat, Arah Angin Timur Laut- Timur, 8 – 20 knot, Tinggi Gelombang 1.25 – 2.50 m.

Dengan adanya perkiraan tinggi gelombang tersebut BMKG Tanjung Harapan berharap agar, memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

“Terutama perahu nelayan karena Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m,” sebutnya.

Lanjut kata Sylvi, sapaannya, untuk kapal tongkang Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m, Kapal Ferry Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m, Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Tak hanya itu pihaknya juga menghimbau agar seluruh masyarakat dapat berhati-hati dalam melakukan aktivitas sehari terutama pada saat hujan.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2914 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *