BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah di Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan memprakirakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bakal terjadi di sejumlah wilayah di Kalimantan Utara (Kaltara) dalam beberapa hari ke depan.

Forecaster BMKG Tanjung Harapan Sylvi Yulianti mengatakan, diprakirakan hujan bakal mengguyur di Malinau, Bulungan dan Tana Tidung.

“Di Bulungan, potensi hujan terjadi di Tanjung Palas Barat, Peso Hilir dan Peso. Utamanya di wilayah hulu Sungai Kayan. Meski hujan juga akan turun di Tanjung Selor dan sekitarnya pada tanggal 18-21 April 2024,” katanya, Rabu (17/4/2024).

Begitu pun di Malinau. Di mana beberapa daerah yang berpotensi hujan, di antaranya Kayan Hulu, Kayan Hilir, Malinau Selatan, dan sekitarnya. Di Tana Tidung, hujan diprakirakan di wilayah Sesayap, Betayau dan sekitarnya. Begitu pula di Tarakan.

Prakiraan tinggi gelombang masih dalam batas aman. Yaitu antara 0,5-1,25 meter, kemudian, arah Angin Barat Laut – Timur Laut, dengan kecepatan rata-rata antara 2 – 15 knots.

BMKG pun mengimbau agar tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi, baik yang basah atau yang kering.

“Di Nunukan, hujan bakal terjadi di wilayah Sebuku, Sei Menggaris dan sekitarnya. Juga di Pulau Nunukan dan Sebatik, meski dengan intensitas sedang. Hari ini, diprakirakan cuaca cerah berawan di sejumlah wilayah. Hujan akan terjadi di beberapa daerah hulu Sungai Kayan. Seperti di Kayan Hilir, Kayan Selatan, juga di Sungai Boh, Malinau,” tutupnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2930 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *