Sinergi Reforma Agraria di Bulungan Fokus Penataan Aset

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bulungan melaksanakan Gerakan Sinergi Reforma Agraria bersama Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, Senin (22/4/2024).

Kegiatan yang merupakan langkah strategis yang diinisiasi oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan pertanahan (ATR/BPN) untuk meningkatkan asas reforma agraria.

Kepala BPN Bulungan, Lena Purnama Sari, menyebutkan bahwa kolaborasi bersama Dinas Pertanian dilakukan karena berkaitan dengan peningkatan reforma agraria, sedangkan BPN sendiri erat kaitannya dalam penataan aset.

“Sasarannya tentu untuk meningkatkan program pemberdayaan ekonomi untuk subjek reforma agraria. Selain itu meminimalisir adanya ketimpangan,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini, jumlah kepemilikan tanah bersertifikat di Bulungan telah mencapai 75 persen. Sehingga kekurangan hanya sekitar 25 persen dari target 100 persen.

“Hampir sebagian besar desa dan kelurahan telah tersentuh oleh kegiatan Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL),” ungkapnya.

Terkait hal ini, dirinya menyampaikan bahwa legalitas tanah melalui PTSL tersebut juga diperuntukkan kepada pemilik tanah yang dipergunakan sebagai lahan pertanian maupun perkebunan sepanjang tanah tersebut tidak memiliki sengketa.

“Tentunya kami mendorong untuk seluruh masyarakat Bulungan, agar aset-aset tanah mereka segera didaftarkan untuk mencegah adanya permasalahan dikemudian hari,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2944 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *