oleh

Polres dan Puskesmas Sosialisasi Cuci Tangan yang Benar di Pusat Kuliner Lingkaran

NUNUKAN – Merebaknya Covid-19, Puskesmas Nunukan Timur bersama Polres Nunukan melakukan edukasi kepada masyarakat di pusat kuliner dan pusat perbelanjaan yang ada di lingkaran, Nunukan, Ahad 22 Maret 2020.

Dikatakan KBO Binmas Polres Nunukan, Ipda Agus Suyono SH, pihaknya memberikan edukasi kepada masyarakat dengan enam langkah untuk pencegahan covid-19. Yaitu mencuci tangan yang baik dan benar, membacakan maklumat Kapolri, social distancing, ditambah dengan imbauan Kapolres Nunukan terkait Covid-19.

“Jauhi kerumunan, kerja, belajar dan ibadah di rumah saja jika bisa. Ini dilakukan untuk meminimalisir bersentuhan dan berdekatan dengan orang lain. Karena hal ini bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya kepada benuanta.co.id, Ahad (22/3/2020).

Baca Juga :  Gubernur Jabar : Bupati Karawang Positif COVID-19

Selain itu, usahakan berjemur di bawah matahari seperti di depan teras rumah pada saat panas.  Pastikan sirkulasi udara baik sehingga terhindar dari ruangan lembab, dan tunda kegiatan-kegiatan missal. Seperti arisan, reuni dan sebagainya, dalam pencegahan penyebaran covid-19.

Sementara imbauan Puskesmas Nunukan Timur dan Binmas Polres Nunukan juga mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar kepada masyarakat setempat dan para pengunjung dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Tidak hanya itu, mereka juga disarankan menggunakan masker bila batuk atau pilek.

Konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah. Rajin berolahraga, istirahat yang cukup, jangan konsumsi daging yang tidak dimasak. “Bila batuk dan pilek, sesak napas segera ke puskesmas dan rumah sakit. Jangan panik, dan perbanyak berdoa kepada tuhan yang maha esa,” tutupnya.

Baca Juga :  Pulang ke Parepare Naik KM Thalia, Puding Diduga Terjatuh ke Laut

Ditambahkan Kepala Puskesmas Nunukan Timur, dr. Eka Aprina Lestari, apa yang dilakukan tersebut adalah salah satu bentuk cara pencegahan penyebaran Covid-19. Apalagi saat ini penyebarannya sudah mencapai 450 positif di Indonesia. “Kami berinisiatif melakukan kegiatan ini, dengan menggandeng Polres Nunukan karena mereka melakukan cuci tangan masal,” ujarnya.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat lebih sadar lagi dengan perilaku hidup bersih, lebih sehat dengan cara cuci tangan dengan baik dan benar. “Kami harap masyarakat bisa menerapkan di kehidupan sehari-harinya mereka, sebelum melakukan aktivasi maupun sesudah harus mencuci tangannya,” harapannya. (*)

 

Reporter Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed