Kunjungan Pengusaha Malaysia ke Nunukan, Buka Peluang Kerja Sama

NUNUKAN – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Nunukan mengadakan pertemuan antar Pengusaha Sabah Malaysia dengan pemerintah daerah Kabupaten Nunukan. Kegiatan itu dilaksanakan di Ruang VIP Kantor Bupati Nunukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nunukan, Serfianus S.IP., M.Si yang mewakili Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura hafid menyambut baik kunjungan dari penguasah asal Malaysia di Kabupaten Nunukan. Ini sekaligus silaturahmi dan dialog bersama dalam rangka kerja sama perdagangan antar pengusaha Malaysia dengan pengusaha Indonesia.

“Yang pertama ingin saya ucapkan adalah selamat datang di Kabupaten Nunukan, terkhusus kepada segenap rombongan pengusaha dari Malaysia yang telah berkenan untuk datang bersilaturahmi. Tentunya ini adalah sebuah kesempatan yang baik bagi kita untuk dapat saling bersilaturahmi satu dengan yang lain, membuka ruang komunikasi dan diskusi sesuai dengan maksud dan tujuan kegiatan ini,” kata Sekda.

Menurut Sekda, kegiatan seperti ini jarang dilaksanakan. Sehingga dia berharap agar tidak menyi-nyiakan kesempatan ini. Selain itu, kegiatan seperti ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi antar dua negara, sehingga dapat terjalin semakin erat.

Pemerintah kabupaten nunukan hingga saat ini terus mengupayakan pembangunan di berbagai bidang. Hal ini dilakukan guna mempercepat pembangunan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berbagai daya dan upaya terus dijalankan, berbagai program juga dirumuskan dan digulirkan dengan anggaran, baik dari pemerintah daerah, pemerintah provinsi, maupun pemerintah pusat. Semua dilakukan dalam rangka untuk merangsang pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

Dari berbagai hal yang dilakukan, pemerintah daerah juga mendorong agar terciptanya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan mendukung penuh industri kreatif dan usaha mikro dan menengah terus berkembang. Hal ini perlu untuk dilakukan agar pertumbuhan ekonomi di dalam masyarakat dapat tercipta bersama-sama.

Berbagai hal dilakukan, misalnya pembinaan terhadap usaha kecil agar dapat meningkat kualitas dan kuantitasnya, membantu proses produksi atau pemasaran, juga mempermudah proses perizinan pendirian usaha. Hingga memberikan dukungan dana stimulan kepada masyarakat untuk melakukan usaha. Itu adalah contoh kecil yang telah dilakukan pemerintah guna meningkatkan kemandirian usaha di masyarakat dan untuk menggali potensi sumber daya yang ada di Nunukan.

Disampaikan Serfianus, dari kunjungan ini diharapkan dapat terbangun komunikasi untuk menggali potensi yang ada di Kabupaten Nunukan, untuk para pengusaha Malaysia ataupun yang dari Indonesia. Dengan harapan dengan menjalin silatuhmi ini dapat meningkatkan kerja sama business to business yang lebih nyata dan saling menguntungkan.

Sehingga roda perekonomian di Kabupaten Nunukan dapat semakin bergerak. “Saya juga berharap ini dapat menjadi ajang promosi dari masing masing pengusaha untuk mengenalkan potensi yang dimilikinya,” imbuhnya.

Ketua Kadin Nunukan, Irsan Humokor menyampaikan, silaturahmi pengusaha Sabah Malaysia dengan pemerintah daerah Kabupaten Nunukan dan Kadin Nunukan membahas kerja sama apa yang bisa digarap di Malaysia untuk dibawa ke Nunukan.

“Kemudian kami dari Kadin memperkenalkan produk-produk olahan asli Nunukan, contoh dapur karima, selai cempedak dan lain-lainnya. Intinya siapapun pengusaha kami siap menerima, apalagi mereka ingin melihat potensi yang ada di Kabupaten Nunukan. Tentunya ini sangat bagus sekali untuk diapresiasi,” ungkap Humokor kepada benuanta.co.id, Rabu 28 Agustus 2019. (day/kal)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2727 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *