Pembangunan PLTA Kayan Diproyeksikan Terbesar di Asia Tenggara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Hadiri acara syukuran PT. Kayan Hydro Energi (KHE) di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara(Kaltara) Gubernur Provinsi Kaltara, Zainal Arifin Paliwang apresiasi progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan.

Menurut orang nomor satu di Kaltara tersebut, PLTA Kayan harus bisa menjadi ikon energi terbaharukan di Indonesia. Mengingat jika nantinya rampung dibangun, PLTA ini diproyeksikan akan menjadi pembangkit listrik tenaga air terbesar di Asia Tenggara.

“Hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita masyarakat Kaltara karena PLTA ini juga akan menjadi wajah baru kita dalam hal pembangunan energi terbaharukan,” kata Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga :  Pembangunan Infrastuktur di Nunukan jadi Atensi Gubernur

Ia menerangkan PLTA berkapasitas 9 ribu megawatt ini nantinya akan dibangunkan 5 bendungan besar dan akan menjadi energi yang dapat menyalurkan kebutuhan listrik masyarakat Peso, hingga masyarakat Provinsi Kaltara.

“Progres awal kegiatan ini membangun kanal dan untuk bendungan pertama dari PLTA ini diprogreskan selesai di tahun 2027 nendatang. Oleh karena itu saya juga mendorong untuk memberikan dukungan secara penuh pembangunan PLTA ini, begitu juga dengan masyarakat sekitar yang seyogyanya turut dilibatkan,” terangnya.

Karena progres pembangunan PLTS Kayan ini merupakan salah satu proyek strategis, Gubernur Zainal meminta kepada pihak PT. KHE agar membuka peluang bagi masyarakat sekitar untuk dilibatkan dalam pembangunan PLTA ini.

Baca Juga :  Pemprov Apresiasi Pandangan Fraksi DPRD

Sehingga nantinya PLTA ini tidak hanya memberikan kontribusi pembangunan dan energi terbaharukan daerah saja, namun memberikan kontribusi dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Apapaun itu masyarakat juga saya minta tolong untuk dilibatkan sesuai dengan kemampuan mereka, kalau perlu berikan mereka pelatihan agar bisa bekerja di sini. Karena nantinya hal itu juga yang menjadikan mereka dapat memberikan kesejahteraan, kebutuhan kesehatan dan Sembako untuk keluarganya,” terangnya.

Sementara itu, salah satu petinggi dari PT.KHE, PLTA Cassade, Tjandra Limanjaya, berkomitmen PLTA Kayan ini juga akan memberikan kontribusi kepada pembangunan masyarakat sekitar khususnya dalam hal pembukaan lapangan pekerjaan.

Baca Juga :  Gubernur Zainal Menyerahkan Sapi Kurban untuk WBP Lapas Nunukan

“Tentunya komitmen kita bersama pemerintah akan terus kita jaga termasuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dan turut serta dalam membangun daerah khususnya yang di Kecamatan Peso,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1985 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *