DPRD Berau Dukung Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus 

benuanta.co.id, BERAU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau mendukung penerapan sekolah bagi anak istimewa di Berau.

Disampaikan Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Berau, Rudi Parisian Mangunsong sebelum benar-benar menerapkan hal itu perlu adanya standar keperluan anak berkebutuhan khusus. Menurutnya hal itu penting agar proses belajar mengajar berjalan layaknya pada pelajar formal.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1911 votes

“Untuk menerapkan hal ini, negara harus benar-benar melakukan sesuatu, jika sekolah insklusi ini berjalan dengan sebagaimana mestinya,” terangnya pada Rabu, 27 Maret 2024.

Sambung dia, jika misalnya anak istimewa ini seperti anak yang memiliki kecerdasan dibawah rata-rata dan lambat dalam menangkap sesuatu, maka kata dia Kabupaten Berau perlu penanganan khusus oleh guru-guru khusus.

“Hanya saja, saat ini jangankan untuk merekrut guru khusus untuk melakukan treatmen pada anak istimewa tersebut,” bebernya.

Terutama pemerintah daerah kata dia tidak hanya fokus melakukan pengadaan guru formal saja.

“Sementara, satu guru khusus, setidaknya mengajar untuk dua anak istimewa dan ini akan jadi catatan penting bagi kami, terutama mengangkat guru khusus untuk anak-anak istimewa,” bebernya.

Namun kata Rudi, apabila ada regulasi khusus, maka dari Komisi I DPRD Berau siap mendorongnya selama regulasi itu bisa dilakukan di Kabupaten Berau.

“Itu bisa kami bahas di anggaran perubahan 2024 atau anggaran murni tahun depan. Yang penting, regulasinya masih bisa dilakukan di Kabupaten,” tuturnya.

Dijelaskan Rudi, undang-undang telah mengatur semua orang termasuk anak-anak istimewa berhak mendapatkan perlakuan yang sama oleh negara, termasuk dalam hal pendidikan.

“Tapi untuk anak yang lambat menangkap (pelajaran), itu memang dilakukan dengan cara khusus. Kami akan dorong itu, selama itu bisa dilakukan di Kabupaten,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *