Ketua DPRD Yakini Pesta Adat Besar Malinau Tingkatkan Ekonomi

benuanta.co.id, MALINAU – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malinau mendukung penuh pelaksanaan Pesta Adat Besar Irau 2023 Kabupaten Malinau.

Selain dianggap sebagai perayaan HUT ke-23 Kabupaten Malinau, pesta adat besar Irau ini juga dianggap sebagai wadah bagi masyarakat untuk berkarya, mempromosikan potensi Malinau hingga menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mencari peruntungan.

“Semua lembaga adat dari semua suku yang ada di Malinau kita libatkan, sehingga masyarakat lain juga dapat mengenal wajah dari Kabupaten Malinau melalui penampilan adat dan kebudayaan yang kita tampilkan,” kata Ketua DPRD Kabupaten Malinau Ping Ding, pada Ahad, 8 Oktober 2023.

Di sisi lain perhelatan pesta adat dua tahunan ini juga dianggap Ping Ding mampu menarik perhatian para wisatawan lokal hingga luar daerah untuk datang ke Malinau.

Sehingga menjadikan hal itu sebagai momentum untuk masyarakat dan pelaku UMKM untuk mencari peruntungan dan meningkatkan roda perenonomian.

“Wisatawan yang dapat otomatis akan berbelanja kebutuhan, bahkan akan menginap. Hal ini tentu saja akan meningkatkan pendapatan para pelaku usaha,” terangnya.

“Ditambah lagi dengan kebiasaan wisatawan dalam membeli oleh-oleh dan memposting kegiatan mereka, hal ini tentu menjadi promosi alternatif yang bisa membuat segala potensi yang dimiliki Malinau bisa lebih dikenal,” lanjutnya.

Melihat besarnya antusias masyarakat lokal dan wisatawan dalam menikmati perhelatan pesta adat Irau ini, Ping pun berpesan agar baik masyarakat dan wisatawan tetap dapat menjaga lingkungan Malinau agar tetap bersih dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

“Saya yakin OPD DLH sudah mengantisipasi hal itu, apalagi saat ini puluhan ribu orang sedang beraktivitas pada satu titik di Malinau, sehingga lingkungan juga perlu kita jaga,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *