Hindari Tanaman RTH Rusak di Acara HUT Nunukan, DLH Pagari Pakai Tali Rafia

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Nunukan memusatkan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nunukan ke-24 Tahun di Pasar Rakyat Adil Sejahtera (Paras) Perbatasan.

Tak mau tanaman rusak akibat kerumunan manusia di uang Terbuka Hijau (RTH) di median Jalan Lingkar, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan membuat pagar seadanya dari tali rafia.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1941 votes

Sekretaris DLH Kabupaten Nunukan, Freddyanto Gromiko mengatakan, agar tanaman tidak rusak di ruang terbuka hijau median jalan lingkar pihaknya melakukan pemagaran secara sederhana dengan menggunakan tali rafia.

Baca Juga :  ASN Nunukan Diimbau Tidak Menambah Libur Lebaran

Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi dan memberikan tanda kepada masyarakat, yang akan melakukan aktivitasnya di area RTH tersebut.

“Karena aktivitas hari jadi kabupaten Nunukan dipusatkan di paras perbatasan maka aktivitas pasti lebih banyak di sana, karena tanaman juga sudah bagus dan mulai tumbuh makanya kita coba memagar seadanya, untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat diinjak oleh pengunjung,” kata Freddyanto, Sabtu, Sabtu 7 Oktober 2023.

Baca Juga :  ASN Nunukan Diimbau Tidak Menambah Libur Lebaran

Lanjutnya, tanaman RTH tersebut merupakan program tambahan sejak tahun lalu dan tahun ini, sudah ditanami hampir seluas 1 hektare.

“Bunga-bunga sudah mulai tumbuh, masyarakat harus tau keberadaan bunga tersebut dan turut menjaganya agar tidak di rusak atupun di injak-injak,” jelasnya.a

Tahun lalu acara HUT Nunukan, banyak bunga yang baru ditanam rusak, akibat diinjak-injak oleh masyarakat, yang membeludak saat mengikuti pawai ataupun masyarakat yang nonton saat itu.

Baca Juga :  ASN Nunukan Diimbau Tidak Menambah Libur Lebaran

“Karena rusak dan mati akhirnya kita kembali tanam bunga-bunga seputar jalan lingkar itu, sudah cukup tinggi bunganya, jadi sayang sekali jika nanti rusak lagi,” ungkapnya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat yang berkunjung di paras perbatasan agar tetap tertib dan menjaga lingkungan sekitarnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *